Petani Cabai Gagal Panen

0
172

 

foto nggunturcabaiNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Dampak erupsi Gunung Sinabung membuat para petani cabai di lereng gunung itu mengalami gagal panen. Padahal, menjelang Lebaran begini menjadi harapan petani untuk mencari rezeki yang lumayan karena diasumsikan harga cabai akan melambung menjelang Lebaran ini.

Menjelang Lebaran biasanya menjadi harapan petani mendapatkan rezeki. Namun, kali ini, petani cabai di lereng Gunung Sinabung hanya bisa gigit jari. Saat ini, tanaman cabai mereka rusak akibat dampak erupsi Gunung Sinabung. Para petani ini ini tidak bisa menikmati hasil panen yang sempurna.

Sebagaimana terjadi umumnya di Kecamatan Naman Teran, hasil panen cabai warga mengalami kerusakan setelah beberap minggu terus menerus diselimuti debu vulkanik Sinabung.

Sapanto, seorang petani cabai di Kecamatan Naman Teran, terlihat oleh Sora Sirulo tetap memanen cabai di lahan pertaniannya meskipun buah-buah cabai itu tidak sempurna. Ia masih berharap tanamannya yang tidak sempurna ini dapat diterima di pasaran mengingat saat ini buah cabai menjelang Lebaran cukup mahal.

Dampak erupsi Gunung Sinabung saat ini sangat menyengsarakan warga di lereng Gunung Sinabung. Dampak debu vulkanik memperburuk sektor pertanian di Kabupaten Karo saat ini.


Leave a Reply