Jelang Lebaran, Kebutuhan Pokok di Pasar Delitua Stabil

0
183
delitua 20
Meski Jelang Lebaran, Pasar Delitua masih sepi pengunjung [Sabtu 11/7: Siang].

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BaruIMANUEL SITEPU. DELITUA. Hari Raya Idul Fitri sudah bisa dihitung dengan jari. Namun, harga sejumlah kebutuhan pokok (Sembako) di Pasar Delitua terlihat masih stabil.

Hasil pantauan Sora Sirulo [Sabtu 11/7], tidak terdapat selisih harga Sembako yang mencolok. Diprediksi harga kebutuhan pokok akan naik tajam pada hari Kamis nanti karena, hari itu, bertepatan dengan Pekan Kamisan Pasar Delitua. Sementara esoknya perayaan Lebaran hari pertama berlangsung.

Akan tetapi, di lapangan, sudah terlihat para pedagang sayur-mayur mulai bertambah dari biasanya. Bukan hanya pedagang sayuran, beberapa pedagang dadakan seperti penjual bumbu, penjual daging ayam, penjual makanan kering dan penjual bunga mulai bermunculan. Para pedagang tampaknya mulai memasang siasat untuk mencarai keuntungan jelang perayaan hari raya Idhul Fitri kali ini.

“Belum ada yang harganya naik drastis. Adapun kenaikan hanya sedikit saja. Makanya saya tidak menyia-niakan kesempatan ini untuk berbelanja. Beberapa hari lagi kebutuhan pokok bakalan naik tajam,” kata Suhaidah (42) salah satu warga yang kebetulan berbelanja di lokasi Pasar Delitua kepada Sora Sirulo.

Hal senada juga dikatakan Boru Pakpahan, salah satu pedagang hasil bumi.

“Harga cabai masih Rp 32.000/ Kg seperti minggu kemarin. Demikian juga dengan harga bawang merah, Rp 2.4000/ Kg, bawang putih Rp 20.000/ Kg. Harga tomat malah turun dari Rp 7.000/ Kg minggu lalu, sekarang jadi Rp 4.000/ Kg,” katanya seraya mengatakan kalau hingga saat ini pembeli masih sepi tidak seperti tahun lalu.

Sepinya pembeli di lokasi Pasar Delitua juga dirasakan oleh Iwan, seorang penjual daging. Namun, Iwan memprediksi penyebab sepinya pembeli karena warga masih membutuhkan keperluan lain karena berdekatan dengan memasuki tahun ajaran baru masuk sekolah.

“Sepi, bang. Padahal harga daging sapi udah turun gak seperti punggahan kemarin sampai Rp 120 ribu/ Kg. Sekarang cuma Rp 98 ribu/ Kg. Memang untuk daging ayam ada kenaikan harga sebesar Rp 5 ribu/ Kg yang minggu lalu harga daging ayam hanya Rp 20 ribu/ Kg. Sekarang menjadi Rp 25 ribu/ Kg. Tapi, lihatlah bang, pengunjung masih landai-landai saja,” terangnya.

Di tempat terpisah, Novi, salah satu pemilik grosir di lokasi Pasar Delitua juga menjabarkan harga barang kebutuhan seperti gula pasir mencapai Rp 12.000/Kg turun dari harga sebelumnya Rp 13.000/kg. Beras IR 64 Rp 9.500/Kg tidak ada berubah. Minyak goreng curah Rp 9.500/Kg turun dari 10 ribu/Kg. Tepung terigu Rp 5.500/kg dan telur ayam Rp 30.000/ papan turun dari 32.000/papan.

“Saya duga beberapa hari lagi, tepung terigu, telur ayam, mentega dan minyak goreng bakal mengalami kenaikan,” sebutnya.

Leave a Reply