Bupati Hadiri Kerja Tahun Suka Mbayak

0
324

foto nggunturpesta tahunanNGGUNTUR PURBA. TIGAPANAH. Pesta Tahunan (kerja tahun) merupakan tradisi Karo dalam mengungkapkan rasa syukur atas berlangsungnya lingkaran hidup pertanian ladang. Pesta ini diselenggarakan setahun sekali yang waktu pelaksanaannya berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya di Taneh Karo. Kali ini, pesta tahunan yang dilaksanakan di Desa Suka Mbayak (Kecamatan Tigapanah) dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Kapolres Tanah Karo AKBP Victor Togi Tambunan, Dandim 0205/TK Letkol (Inf) Asep Sukarna, Anggota DPRD Karo M. Rapi Ginting, Camat Tigapanah Aswin Ginting, dan beberapa Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Karo.

Di dalam acara seni yang dipusatkan di loosd Desa Suka Mbayak [Sabtu 11/7: Malam], Terkelin mengucapkan selamat merayakan Pesta Tahunan kepada ratusan warga desa yang hadir. Dia mengapresiasi kegigihan masyarakat Karo khususnya warga Suka yang tetap menjaga warisan budaya Bumi Turang. Beliau berharap Pesta Tahunan yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan tali silaturahmi diantara warga lebih erat lagi.

Selain itu, Bupati Karo mengingatkan agar kegiatan Kerja Tahun terus diajarkan kepada generasi muda sehingga tetap terjaga sebagai kearifan lokal. Namun, dia mengingatkan juga untuk tidak merayakan kerja tahun secara berlebihan mengingat banyaknya saudara kita yang hingga saat ini masih berada di pengungsian.

“Jangan kita lupakan mereka. Kalau kita mempunyai lahan pertanian, hendaknya diberi ke mereka untuk dimanfaatkan,” anjurnya.

Hal senada disampaikan oleh Dandim 0205/TK Letkol (Inf) Asep Sukarna yang juga sekaligus DanSatgas Tanggap Darurat Sinabung. Dia menjelaskan mengenai Gunung Sinabung dan penanganannya sampai saat ini agar warga Karo tetap mengingat dan mendoakan saudara-saudara kita yang berada di pengungsian.

Khusus kepada generasi muda Desa Suka, Asep Sukarna menganjurkan agar mengikut jejak Pahlawan Nasional yang berasal dari Desa Suka ini, yaitu Letjen Jamin Ginting yang sangat terkenal akan pengabdiannya.

Kepala Desa Suka Mbayak, Wakil Sembiring, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bupati Karo beserta rombongan atas kedatangannya ke pesta tahunan di Desa Suka Mbayak. Dia meminta kepada Bupati agar pembangunan sampai ke desa-desa khususnya Desa Suka Mbayak.

Secara khusus, para perwakilan masyarakat Suka meminta Bupati Karo agar jalan Tigapanah – Suka diperlebar karena akses jalan yang sempit mengakibatkan rawan kecelakaan. Menanggapi permintaan ini, Bupati Karo sudah mengatakan kepada Dinas PU agar segera menindaklanjuti permintaan ini.




Leave a Reply