Masalah Air bersih di Doulu

2
241

Oleh: Herlina br Surbakti (Medan)

 

herlina 3doulu 9Dua hari lalu [Minggu 12/7], saya ke desa Doulu untuk bertemu keluarga. Saya jalan kaki dari Simpang Doulu sampai ke desa itu. Tempat yang pertama saya singgahi adalah tapin yang dibuatkan oleh pemerintah (NAKERTRANS). Tapin pengganti yang terbuat semuanya dari semen dan dua pancur besi.

Sangat jelek jika dibandingkan dengan tapin alami yang dibuat oleh penduduk desa dan sudah ditiadakan (Mungkin karena pancurnya banyak dan ukurannya besar-besar).

Saya berjalan belok ke kiri dan masuk ke dalam tapin. Ternyata, pancur yang dua buah itupun sudah kering pula.

Ada seorang laki-laki yang berada di dekat tapin.  Dia mengatakan bahwa pipanya pecah dan air tidak jalan lagi. Lalu, saya bejalan lebih jauh sampai di tepi desa dimana ada sepuah pipa juga yang mengeluarkan air. Di situ saya lihat ada mesin sanyo sedang memompa air ke rumah penduduk yang mampu.

Jadi, tetap saja orang-orang yang tidak mampulah yang selalu menjadi korban (mayoritas penduduk desa yang kesulitan dengan air). Dalam hati, saya bertanya, mengapa untuk menanggulangi kebutuhan air bersih untuk penduduk Desa Doulu ini sangat sulit bagi Aqua memenuhinya?

doulu 8

Perusahaan ini sudah menghisap banyak keuntungan dari air Gunung Sibayak sampai-sampai tapin Doulupun sudah dinonaktifkan.

Sambil terus berjalan ke rumah kepala desa. Ternyata beliau tidak berada di rumah saat itu. Saya lalu ke rumah sebelah rumah saya sendiri yang ditempati oleh adik saya. Saya baru bertemu kepala desa kira-kira Pukul 15.00 hari itu. Kepala desa mengatakan, sebuah LSM sudah datang ke Doulu memberitahu bahwa masalah air ini baru akan dirapatkan dengan anak desa setelah Lebaran.

Saya merasa lega mendengar berita itu. Saya memohon dengan sangat supaya sesudah Lebaran ini tolonglah prosesnya jangan diperlambat. Sudah terlalu lama mereka menderita. Terimakasih.


2 COMMENTS

  1. Bagi calon bupati karo yang akan datang supaya bisa lebih memperhatikan nasib masyarakat doulu. Perusahaan aqua sudah lama berdiri di desa doulu ini seharusnya jadi perhatikan pemkab karo.

  2. Desa Doulu yang tadinya tak kurang air bersih malah sekarang kurang air. Soal yang sangat serius yang harus jadi pemikiran bagi bupati maupun bagi kepala desa. Kepala desa akan susah menyelesaikan sndiri, tetapi dengan kerja sama saling mendukung antara desa dan bupati Karo pastilah bisa diselesaikan, solusi yang menguntungkan desa Doulu agar lebih baik dari keadaan dulu. Kekayaan daerah Doulu dikeruk oleh perusahaan asing, jamannya lebih modern tetapi bukannya peningkatan taraf hidup bagi desa tetapi malah sebaliknya air pun sulit. Ini tak masuk akal. Apa kepala desa dan bupati sudah ‘hanyut’ dibawa arus Aqua? Kepala desa dan kepala Karo, silahkan beri jawaban dalam soal ini. Orang-orang Karo bantulah desa Doulu dalam mengangkat persoalan ini sehingga semua Karo mengerti, terutama peran orang-orang pendatang di Aqua Doulu.

    MUG

Leave a Reply