Pasokan Lembu dan Kerbau Berkurang di Karo

0
257
kerbau
Seekor kerbau di pekan ternak (tiga kerbo) Tigapanah, Dataran Tinggi Karo.

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Dampak erupsi Sinabung kian meluas, khususnya di bidang perekonomian rakyat. Pasokan tenak dari sejumlah kecamatan sekitar kaki Gunung Sinabung berkurang drastis di pasar khusus hewan di Tigapanah.  Penurunan ini mengakibatkan pasokan ternah dari Dataran Tinggi Karo ke daerah-daerah lain akan mengalami kekurangan menjelang Lebaran ini.

Hampir 100% penurunan pasokan hewan ternak yang terjadi dari kawasan kaki Gunung Sinabung. Hal ini terjadi karena warga kaki sinabung telah menjualkan hewan ternak mereka jauh-jauh hari sebelumnya sejak meningkatnya erupsi Gunung Sinabung. Padahal, selama ini, pasokan hewan ternah paling banyak selama ini adalah dari kawasan kaki Gunung Sinabung ini.

Akibatnya kurangnya pasokan hewan ternak dari daerah kaki Gunung Sinabung menjelang Lebaran ini, pedagang lembu dan kerbau di pasar hewan Tigapanah hanya bisa gigit jari. Padahal, justru di menjelang Lebaran seperti sekaranglah biasanya kesempatan mereka mendapatkan keuntungan lumayan dari penjualan hewan ternak.


Leave a Reply