Ribuan Muslim Karo Bakal Lebaran di Pengungsian

0
143

foto nggunturibadah 2NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunung Sinabung yang masih tinggi membuat warga dari 10 desa terpaksa masih menempati lokasi-lokasi pengungsian hingga masa-masa menjelang Lebaran ini. Diperkirakan sedikitnya ribuan warga pengungsi Sinabung yang beragama Islam yang bakal merayakan lebaran di lokasi-lokasi pengungsian.

Sebagian umat muslim pengungsi yang diwawancarai oleh Sora Sirulo mengaku sudah 2 kali merayakan Lebaran di lokasi pengungsian.

Aktifitas Gunung Sinabung menjelang Lebaran ini belum menujukkan adanya penurunan. Petugas PVMBG di Posko Pengamatan Gunungapi Sinabung masih mencatat adanya peningkatan Kegempaan Dalam pada Gunung Sinabung dan masih bisa berpotensi mengalami erupsi. Berdasarkan itu, PVMBG masih merekomendasi warga di 10 desa untuk tetap berada di lokasi pengungsian pada hari-hari menjelang Lebaran.

Ini  membuat warga muslim Karo sedih karena merayakan Hari Kemenangan di lokasi pengungsian nantinya. Menurut Siti beru Tarigan, salah seorang pengungsi, ia sudah dua kali merasakan menjalankan ibadah puasa serta marayakan Lebaran di lokasi pengungsian.

“Sedih juga rasanya,” katanya dengan suara haru.

Umat muslim lainnya yang berada di lokasi pengungsian berharap pada Lebaran nanti pihak Pemkab Karo dapat menyediakan kenderaan untuk trasportasi pengungsi agar mereka dapat pergi bersilaturahmi ke keluarga di lokasi pengungsian lainnya pada Lebaran nanti.




Leave a Reply