Sinabung Erupsi 3 Kali Sepanjang Rabu Ini

0
131

foto nggunturerupsi 37NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Gunung Sinabung mengalami erupsi sebanyak 3 kali sepanjang hari ini[ Rabu 15/7].

Erupsi yang terjadi disertai dengan semburan debu vulkanik yang kemudian dibawa oleh angin ke arah Timur. Selain itu, juga terjadi awan panas guguran ke arah Tenggra.

Petugas PVMBG mengungkapkan, pada liburan Lebaran nanti, diperkirakan Kota Berastagi sebagai lokasi kunjungan wisata utama di Sumatera Utara akan ramai dikunjungi. Walaupun kemungkinan masih bisa terjaditebaran debu vulkanik di sini, petugas PVMBG mengatakan kota ini masih aman untuk dikunjungi.

Hari ini, aktifitas Gunung Sinabung kembali mengalami peningkatan. Erupsi terjadi saat siang menjelas sore tadi. Terlihat dari Kota Kabanjahe dan Kota Berastagi semburan debu dihembus angin ke arah Timur. Menurut pihak Posko Pengamatan Gunungapi Sinabung, awan panas guguran yang terjadi hari ini berjarak 2.500 meter ke arah Tenggra.

Saat ini, Kota Berastagi masih diguyur hujan debu. Pihak PVMBG meramalkan, di liburan Lebaran nantipun masih akan terjadi hujan debu vulkanik di kota wisata ini. Akan tetapi, sebagaimana dikatakan oleh Kristianto (Kepala Tanggap Darurat Bencana Sinabung) dan juga PVMBG, wisatatawan tidak perlu takut berkunjung ke Berastagi karena Berastagi hanya terkena dampak debu dan masih aman dari awan panas guguran Sinabung.




Leave a Reply