PELAYAN PERGERAKAN

0
147

Oleh: Nancy Meinintha Brahmana (Kabanjahe)

 

 

nancy 4nancy 6Suatu pergerakan dapat bertitik pangkal dalam dua keadaan. Pertama adalah belaskasihan, dan yang ke dua adalah amarah. Pergerakan yang berlandaskan belas kasihan mempengaruhi tindakan kekuatan perdamaian dan usaha-usaha agar tujuan yang dapat dicapai tidak merusak dan berkenan di hati manusia lainnya. Pergerakan yang bertitik pangkal belaskasihan mengusahakan aktifitas perundingan sebab akibat pengaruh yang ditimbulkan agar terjadi kehidupan yang lebih baik. Pergerakan yang berlandaskan belaskasihan meminimalisir tindakan kekerasan dan berakibat positif bagi langit dan bumi.

Suatu keadaan yang diredam dalam tubuh dengan menenangkan batin dan pikiran, memfokuskan diri dalam keterlibatan perdamaian dunia mengeluarkan suhu yang lebih sejuk dari dalam tubuhnya dan mempengaruhi udara di sekitarnya. Gerakan ini sudah mulai sejak masa Jesus dari Israel, yang kemudian diikuti ke seluruh abad dan tempat hingga pada masa Gandhi, dan seterusnya.

Pergerakan yang berlandaskan belaskasihan menumbuhkan bibit pelayan-pelayan yang berkualitas untuk menjadi pemimpin. Contohnya Gandhi dan istrinya tidak sungkan untuk berceramah mengenai jamban dan membersihkan kotoran-kotoran ‘saudaranya’ agar tampak lebih manusiawi, dan masih ada beberapa orang lagi yang menjadi contoh pergerakan berdasarkan belaskasihan. 

Pergerakan yang berlandaskan belaskasihan bukan berarti pergerakan tanpa perjuangan hingga tetes darah terakhir. Namun kesadaran untuk berdiri di atas kebenaran orang banyak dan memperjuangkan keutuhan suatu system dapat menimbulkan tindakan heroik yang berdiri di atas kebenaran yang tidak liar.

Pergerakan yang terjadi karena amarah yang liar tanpa arahan sering sekali bertolak dari rasa ketidakpuasan, sehingga menimbulkan tindakan-tindakan heroik yang mempengaruhi suhu dan mahluk sekitarnya. Manusia yang pergerakannya bertolak dari amarah tidak akan pernah menjadi pemimpin yang mumpuni, mengayomi, sebab sifat dasar dan akar dari kekuasaan yang dicapai berangkat dari idealism egoism heroic yang tidak ditundukkan.

nancy 7Pengaruh dari keberhasilan suatu kekuatan amarah tidak akan membawa kepada pelayanan masyarakat. Sistem yang akan ditularkan tetap akan berjalan selama pemimpin pergerakan menguasai kondisi tersebut. Heroik memang menimbulkan rangsangan semangat dalam diri seseorang yang mampu memicu kekuatan lebih dari yang dapat dia lakukan selama ini. Pergerakan amarah dari satu orang mengeluarkan panas tubuh yang dapat mempengaruhi bebarapa orang didekatnya oleh sebab keterikatan ion-ion, atom-atom yang mengisi ruang.

Sebaiknya konsep kedua pergerakan ini harus diperhatikan dan dipelajari sebagai landasan pelajaran kenegaraan agar seluruh warganegara muda yang bertumbuh yang akan menjadi penerus pemain di suatu Negara dapat mengambil sikap yang terbaik yang dapat disalurkan ke suatu kondisi pada Negara atau daerahnya masing-masing, agar rencana pergerakan sudah terkonsep dengan sebab akibat pilihan yang dirancang untuk masa depan.

Salam.




Leave a Reply