Emansipasi Wanita dari Sudut Pandang Kekristenan (1)

0
145

Oleh: Nancy Meinintha Brahmana (Kabanjahe)

nancy 4deborah 1Emansipasi adalah persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan seperti persamaan hak wanita dengan pria. Emansipasi wanita adalah proses pembebasan diri wanita dari kedudukan yang semula dianggap rendah dibandingkan lelaki; persamaan hak dan derajat sesuai dengan pria ( KBBI hal.214).

Ada beberapa tokoh wanita yang ditampilkan di Alkitab dari masa Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru. Namun hampir semua nama wanita yang dituliskan bukanlah seorang wanita yang memperjuangkan kehidupan masyarakat banyak.

Ruth seorang wanita saleh yang akan menjadi garis keturunan Daud yang kemudian adalah Yesus.  Maria sebagai ibu yang melahirkan Yesus adalah wanita pendiam yang sangat introvert.  Wanita-wanita lain yang disebutkan memperlihatkan sisi yang redup.  Hanya ada satu wanita heroik  yang pada masa Perjanjian Lama  sangat diperhitungkan dan kedudukannya hampir setara dengan pria.

Debora.  Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, istri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel.  Ia biasa duduk di bawah pohon korma Debora antara Rama dan Betel di pegunungan Efraim, dan orang Israel menghadap dia untuk berhakim kepadanya.

deborahGelar ‘hakim’ mengandung  makna seorang yang berperan untuk membawa ke dalam hubungan yang benar.  Para hakim yang adalah seorang pemimpin pada masa itu mempunyai 3 fungsi yakni kepemimpinan militer, pemerintahan dan penyelesaian perselisihan.

TUHAN, Allah Israel pada waktu itu menyuruh Barak melalui Debora untuk menyerang pasukan Sisera.  Namun Barak, yang artinya Halilintar, gentar untuk maju.  Barak berkata kepada Debora:  ”Jika engkau turut maju akupun maju, tetapi jika engkau tidak turut maju akupun tidak maju.”   Kata Debora:  “Baik, aku turut!  Hanya, engkau tidak akan mendapat kehormatan dalam perjalanan yang engkau lakukan ini, sebab TUHAN akan menyerahkan Sisera ke dalam tangan seorang perempuan.”

Debora menjadi seorang tokoh wanita heroik  pertama yang derajatnya sama dengan pria bahkan sangat dihormati lebih daripada pria yang paling tangguh pada masa itu.  Semua orang tunduk padanya.

BERSAMBUNG


Leave a Reply