Emansipasi Wanita dari Sudut Pandang Kekristenan (2)

0
194

 

Oleh: Nancy Meinintha Brahmana (Kabanjahe)

 

nancy 4deborah 2Mundur ke belakang,  menurut kisah Kejadian bahwa Allah menciptakan wanita dari rusuk pria.  Lalu berkatalah manusia itu,  “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku.  Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki”.  Sebuah tulang rusuk menjadi manusia.

Apakah tulang rusuk?  Tulang rusuk atau tulang dada adalah salah satu rangka yang berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada seperti jantung dan paru-paru.  Jantung berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh.  Paru-paru berfungsi untuk bernafas. Tulang rusuk adalah tulang yang sangat vital kegunaannya.

Melihat akar dan sumber datangnya seorang perempuan dilihat dari sudut pandang Alkitab,  maka arti dan tafsiran seorang wanita adalah pelindung kehidupan pria agar dapat berjalan sesuai dengan kehidupan yang baik yang direncanakan Allah untuk pria.  Wanita menjadi rangka bagi pria dan sangat penting kedudukannya.

Melihat kenyataan yang berbalik ini adalah wanita sebagai pelindung pria, bukan sebaliknya. Bagian ini seperti mengatakan bahwa wanita bukanlah bagian atau pihak yang lemah. Wanita adalah rangka yang kuat yang melindungi jantung dan paru-paru pria yang adalah inti kehidupannya pada tubuh.

Inti kehidupan pada tubuh yang mengatur aliran darah dan nafas yang mengalir baik dan lancar di seluruh tubuh berkaitan dengan kesehatan tubuh dan kecerdasan berpikir. Dalam hal ini wanita yang baik sangat mampu dan diharapkan untuk memberi impuls terhadap pemikiran-pemikiran pria untuk kelangsungan hidup yang seterusnya berkaitan dengan manusia lainnya bahkan dunia ini.

Alkitab menyandingkan dan terus menyuarakan bahwa jemaat adalah mempelai wanita. Manusia diumpamakan sebagai seorang wanita. Mengapa? Allah menginginkan manusia itu menjadi rangka kehidupan dunia agar seluruh ciptaan Allah dapat berjalan dengan baik dan bernafas.  Manusia menjadi rangka atas ciptaan agar jantung Allah dapat  memompakan darah kehidupan ke seluruh dunia dan dapat bernafas.  Alangkah sangat pentingnya gelar wanita!

Bagaimana dengan emansipasi wanita sekarang?

BERSAMBUNG




 

Leave a Reply