Potensi Erupsi Sinabung Masih Tinggi

0
165

foto nggunturerupsi 46NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunung Sinabung pagi tadi [Senin 20/7] belum menunjukan penurunan dalam. Tercatat masih tingginya jumlah ‘gempa frekwensi rendah’ dan ‘gempa tremor’.

Ini teramati oleh petugas Posko Pengamatn Gunungapi Sinabung, menandakan masih adanya suplay magma dalam pembentukan kubah lava pada Gunung Sinabung. Ini juga mengingatkan masih adanya potensi mengalami erupsi pada gunung api ini. Hingga Senin pagi tadi, belum juga ada penurunan sejak terjadinya erupsi kembali sepanjang hari Minggu kemarin.

Pihak PVMBG mencatat adanya erupsi yang tergolong besar pada Minggu malam [19/7] sekitar Pukul 22: 00 wib. Erupsi ini menimbulkan awan panas guguran yang mencapai 4.000 meter.

Awan panas guguran yang masih terus terjadi terlihat sudah mengeringkan bagian sisi Tenggara dan sisi Selatan Gunung Sinabung. Kedua sisi ini kerap diterjang awan panas guguran dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini.

Masih tingginya suplay magma yang terus terjadi pada Gunung Sinabung, yang masih dalam tahap pembentukan kubah lava ini, terlihat dari masih tercatatnya puluhan ‘gempa frekwensi rendah’ dan ‘gempa tremor’. Ini mengingatkan bahwa kemungkinan terjadinya hembusan awan panas pada Gunung Sinabung masih bisa terjadi kapan saja.

Petugas Pengamatan Gunung Sinabung (PVMBG) terus mengamati pertumbuhan kubah lava. Menurut PVMBG, kubah lava sudah mencapai 3,3 juta kubik di puncak Gunung Sinabung dan masih dalam kondisi labil serta masih berpotensi untuk ambruk kembali.

Bila kubah lava ini ambruk kembali, awan panas guguran akan mengancam Kawasan Radius 7 km sebagaimana telah direkomendasikan oleh PVMBG.





Leave a Reply