Bahaya Sinabung Masih Mengintai

0
201

sinabung 14foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunung Sinabung masih tingggi serta pertumbuhan kubah lava masih terus terjadi. Hingga kemarin pagi [ Rabu 22/7], Sinabung masih mengalami peningkatan kegempaan low frequence.

Juga ‘kegempaan dalam’ baik yang tremor maupun hybrid masih terus meningkat, bahkan menjukkan adanya pertumbuhan kubah lava yang terus menerus. Dari pagi hingga sore kemarin belum menunjukan penurunan pada aktivitas kegempaan. Aktivitas kegempaan inilah yang sering memicu terjadinya erupsi.

Petugas Posko Pengamatan Gunungapi Sinabung (PVMBG) di Kecamatan Simpang Empat masih mencatat adanya kegempaan low frequence yang menandakan adanya suplai magma ke kawah gunung. PVMBG juga mencatat kegempaan tremor yang masih terus menerus terjadi disertai gempa hybrid yang sering memicu terjadinya awan panas.

Adapun awan panas masih didominasi ke Tenggrara dan arah Selatan. Ini terjadi hampir setiap hari hingga beberapa kali per harinya. Pada malam hari, seperti terlihat kemarin malam, lava pijar masih sering terlihat mengalir dari puncak kawah melewati lereng gunung.

Terkait masih tingginya aktivitas Gunung Sinabung ini, pihak PVMBG terus menghimbau agar warga dapat mentaati rekomendasi Radius 7 Km dan status Awas (Level 4) yang saat ini masih ditetapkan terhadap Gunung Sinabung. Karena itu, Radius 7 Km harus steril dari kegiatan manusia.

Berita-berita lainnya www.sorasirulo.com




Leave a Reply