Sirulo TV: Sinabung Erupsi Terus Menerus

0
118

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Pagi ini [Jumat 31/7], Gunung Sinabung di Dataran Tinggi Karo (Sumatera Utara) terus menerus mengalami erupsi yang disertai awan panas guguran dan semburan debu vulkanik.

PVMBG mencatat Sinabung sudah mengalami erupsi hingga 3 kali pada Jumat pagi tadi. Sebelumnya, sepanjang hari kemarin [Kamis 30/7], tercatat Sinabung mengalami erupsi hingga 14 kali. Erupsi-erupsi ini disertai awan panas guguran dan semburan debu vulkanik dari gunung api paling di Pulau Sumata ini. Material debu vulkanik yang disemburkan oleh Gunung Sinabung bercampur pasir, dibawa oleh angin ke arah Timur.

Semburan debu vulkanik Sinabung sempat menjadi perhatian warga yang berada di zona aman Radius 10 kilo meter di Kecamatan Simpang Empat [Jumat 31/7: Pagi].

“Kolom semburan debu mencapai ketinggian 2.000 meter. Jarak awan panas guguran mencapai kurang lebih 4 kilo meter ke arah Tenggara Timur,” kata Dery Al Ghazali, petugas pengamatan Sinabung kepada Sirulo TV.

Tingginya aktifitas kegempaan tremor dan hybrid serta masih banyaknya suplay magma saat ini masih teramati dari alat pemantau Sinabung sisimograp. Pihak PVMBG Mengamati masih tingginya potensi erupsi pada gunung sinabung yang bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa dipastikan saat ini.



Leave a Reply