Pejuang Pakpak Hans Miller Banurea Telah Berpulang

1
342
hans miller
Alm. Hans Miller Banurea

 

BRANDY KARO SEKALI. MEDAN. Hingga akhir hayatnya pada 1 Agustus 2015, mungkin sebahagian diantara kita warga Sumut tidak terlalu familiar dengan nama Hans Miller Banurea. Namun dalam jagad industri pers di Tanah Air, khususnya media bergenre hiburan (film, musik, dan sinetron), ia bukanlah sosok yang asing.

Bersama sejumlah rekannya, seperti Arswendo Atmowiloto, Veven Sp Wardhana, Mayong Suryo Laksono, Aries Tanjung, Marcel Hartawan dan lain-lain, Hans Miller Banurea pernah sangat ‘terkenal’ ketika mengawaki Tabloid Monitor.

Setelah Monitor tutup buku karena peristiwa angket yang kontroversial kala itu, ia kemudian dipercaya menjadi Pemimpin Redaksi Tabolid Citra Musik.

Pria yang sering tampil plontos ini juga pernah sebentar di majalah Rock hingga akhir hayatnya sebagai produser Cek & Ricek, Editor in-Chie Kabar-Kabari, KasaKusuk, Ketua Departemen Infotainment PWI Pusat dan comeback ke habitatnya sebagai Pemimpin Redaksi Tabloid XO.

Pakpak Bukan Batak

hans miller 2Selain kiprahnya sebagai wartawan hiburan Tanah Air, Hans Miller Banurea juga memiliki karakter unik. Sebagai seorang putra Pakpak, ia selalu enggan disebut orang Batak, melainkan orang Pakpak. Bahkan sepanjang hayatnya, ia selalu ingin mengangkat etnis Pakpak dengan menyempatkan diri mengelola website kalak Pakpak. Melalui Pakpakonline, Rea atau HMB, ia selalu dan terus mendorong generasi muda Pakpak agar terus menulis dan menulis serta memperkokoh semangat kebersamaan warga Pakpak, tanpa memandang perbedaan agama dan status.

Bahkan, bukti sahih komitmen dan kecintaan kepada tanah lelulurnya bisa dilihat pada frase atau ungkapan bahasa Pakpak di dalam diri anak-anaknya tercinta yang diberi nama Enmoda dan Enmoia.

Selamat jalan bang Hans Miller Banurea. Semoga berpulang dengan tenang dan damai di sisi Tuhan Yang Maha Esa.



1 COMMENT

  1. “Bahkan sepanjang hayatnya, ia selalu ingin mengangkat etnis Pakpak dengan menyempatkan diri mengelola website kalak Pakpak. Melalui Pakpakonline, Rea atau HMB, ia selalu dan terus mendorong generasi muda Pakpak agar terus menulis dan menulis serta memperkokoh semangat kebersamaan warga Pakpak, tanpa memandang perbedaan agama dan status.”

    Hans Miller Banurea meninggalkan smangat kesukuan yang sangat dibutuhkan dalam tingkat perkembangan sekarang. Suku Karo sebagai salah satu suku terdekat dengan Pakpak ikut merasakan dan simpati terhadap semangat perjuangan pak Banurea.
    Belasungkawa sedalamnya.

    MUG

Leave a Reply