Sinabung Kembali Erupsi Jumat Malam Kemarin

0
117

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi [Jumat 31/7: Malsam] disertai awan panas guguran.

Awan panas gugurannya mencapai 4 km ke arah Tenggara Timur dengan kolom semburan mencapai ketinggian kurang lebih 3.000 meter yang masih didominasi untuk dibawa angin ke arah Timur.

Aktifitas Gunung Sinabung pada Jumat malam kemarin terus menerus mengalami peningkatan pada kegempaan sehingga menimbulkan erupsi lagi. Erupasi kali ini [Jumat 31/7: 21.41 Wib] tergolong besar sehingga sempat membuat perhatian warga yang ingin menyaksikannya. Namun, Sinabung tidak terlihat jelas akibat sebagian kawasan puncaknya tertutup kabut tipis. Begitupun, masih terlihat cahaya lava pijar meskipun samar-samar.

Petugas Posko Pengamatan Gunungapi Sinabung mencatat sepanjang hari Jumat pagi hingga malam Sinabung telah mengalami erupsi kurang lebih 6 kali. Jumlah ini lebih kecil disbanding sehari sebelumnya [Kamis 30/7] yang mencapai 11 kali erupsi. Meski jumlahnya lebih kecil, PVMBG masih mencatat adanya peningkatan kegempaan.

Tingginya kegempaan hybrid dan gempa tremor yang masih terus menerus terjadi saat ini teramati di Posko Pengamatan. Ini menandakan masih potensialnya Sinabung akan mengalami erupsi karena masih tingginya suplay magma pada gunung ini.

Leave a Reply