Kegempaan Sinabung Masih Tinggi

0
144

foto nggunturgempa 3NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunungapi Sinabung (Dataran Tinggi Karo, Sumut) masih terus mengalami peningkatan pada kegempaannya. Adanya peningkatan menandakan masih berpotensinya Sinabung akan mengalami erupsi.

Selain itu, akibat Gunung Sinabung yang tertutup kabut asap, petugas Posko Pengamatan kesulitan mengamati pertumbuhan kubah lava Gunung Sinabung pada pagi menjelang siang tadi [Minggu 2/6].

Masih tingginya ‘kegempaan dalam’ pada Gunung Sinabung menunjukan adanya suplay magma yang masih terus terjadi pada gunung teraktif di Pulau Sumatera ini. Hal ini juga menunjukan masih tingginya potensi erupsi pada Gunung Sinabung yang saat ini tidak dapat dipastikan kapan akan terjadi.

gempa 4
Armen Putera

Sementara itu, petugas PVMBG di Posko Pengamatan Gunung Sinabung merasa kesulitan mengamati pertumbuhan kubah lava pada Gunung Sinabung. Namun begitu, meski Sinabung tertutup kabut asap, petugas PVMBG melalui sejumlah alat manual dan digital yang ada di Posko Pengamatan masih dapat mengamati adanya luncuran awan panas dengan berjarak 700 meter ke arah Timur Tenggra di sertai semburan debu vulkanik.

“Debu vulkanik dibawa oleh angin perlahan ke arah Timur,” kata Armen Putra, Kepala Posko Pengamatan Gunungapi Sinabung.

PVMBG berharap agar warga tetap tidak memasuki Sona Bahaya Radius 7 Km mengingat saat ini aktifitas Sinabung sangat tinggi dan berbahaya. Sinabung menjadi berbahaya karena secara visual gunung ini tidak bisa teramati akibat kabut asap yang menutupi bagian puncaknya.


Leave a Reply