Wisata Kuliner: Roti Bohong, Riwayatmu Kini (4)

Oleh: Salmen Kembaren

Roti Bohong Masa Mendatang

 

Salmen 12roti boong 6Roti Bohong hanyalah satu bagian dari ribuan penganan di dunia. Roti Bohong baru saja dikenal umum di Sumatera Utara. Sedangkan serangan dahsyat penganan dari asing kini merambah ke seluruh penjuru Nusantara.

Donkin Donut, J-Co dan lain-lainnya telah menginternasional. Mereka berkreasi dan terus melakukan inovasi sedangkan Roti Bohong sekarang masih mirip dengan Roti Bohong, belum begitu jauh berbeda dari Roti Bohong tahun 1060an, baik di bidang rasa maupun bentuknya.

Di satu sisi, kita mempertahankan cita rasa tradisional, di sisi lain, orang-orang Karo juga seharusnya menangkap dan menguasai pasar.

Inovasi dengan wujud berpikir kreatif adalah kata kunci dari eksistensi Roti Bohong masa mendatang. Kreasi rasa, kemasan, dan sebagainya harus dipikirkan oleh semua pengusaha agar Roti Bohong dapat go national ataupun go international.

Sebelum ide diambil orang lain, maka kita harus belajar dan belajar untuk mengembangkan bisnis kuliner ini. Agar Suku Karo tidak seperti yang pernah dikemukakan oleh Gus Dur, presiden ke empat Indonesia itu: “Orang Karo pintar dalam merintis tapi lemah dalam manajemen.”

SELESAI


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.