Tomat Gagal Panen Akibat Debu Sinabung

0
177

foto nggunturtomat 1NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Akibat debu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung ditambah pula tibanya musim kemarau, tanaman di lahan pertanian warga Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) terancam rusak dan gagal panen.

Sebagaimana terlihat langsung oleh Sora Sirulo di Desa Gajah (Kecamatan Simpang Empat, Dataran Tinggi Karo), erupsi yang terus menerus dari Sinabung berikut semburan debu vulkaniknya telah mengakibatkan lahan pertanian warga setempat terus menerus diselimuti debu vulkanik.

Tanaman warga betul-betul terancam rusak. Selain diselimuti oleh debu vulkanik, musim kemarau yang sedang berlangsung juga membuat tanaman warga mulai terancam layu.

Segala macam upaya telah dilakukan oleh para petani untuk memperbaiki tanaman mereka agar tidak merugi terlalu banyak akibat dampak debu dan kemarau ini. Mereka menyemprot serta membersihkan tanaman dari debu vulkanik untuk memperbaiki tanaman mereka yang terancama rusak.

tomat 3“Karena Sinabung terus menerus erupsi, tanaman kami terancam layu akibat panasnya debu vulkanik dan kemarau panjang yang sedang terjadi saat ini. Kami terancam mengalami kerugian besar,” kata seorang warga kepada Sora Sirulo.

Menurut petugas Pengamatan Gunungapi Sinabung, tingginya tingkat kegempaan Sinabung menandakan masih adanya ancaman erupsi pada gunung ini yang akan disertai semburan debu vulkanik. Kapan waktunya? Sama sekali tidak bisa diramalkan kapan saja Sinabung akan erupsi, baik besar maupun kecil.

Leave a Reply