Bermain Trumpet di Ubud Village Jazz 2015

1
292

ubud 2

Oleh: Ezra Purba (Yogjakarta)

 

 

ubud 5
Penulis (kanan) bersama Oran Etkin, pemenang penghargaan MUSIK AWARDS (USA, New York City)

UBUD VILLAGE JAZZ FESTIVAL 2015 adalah iven Jazz tahunan yang diselengarakan di Ubud, Bali. Saya Ezra Deardo Purba SSn ikut serta dalam grup musik KIRANA BIG BAND yang dipimpin oleh Pak drs. Agung Prasetyo MSn,  dosen ISI (Institut Seni Indonesia ) Yogyakarta  yang salah satunya  ikut serta dalam iven jazz tahunan ini dengan format instrumennya adalah instrumen tiup seperti 5 Saxsphone  (2 alto, 2 tenor, 1 Saxbaritone 1) 4 Trumpet, 4 Trombone, Drum, Guitar, Piano, Doublebass, dan 1 vocalis cewek kelas 3 SMP untuk membawakan karya lagu seperti (SPAIN, Payung Fantasy, Crazy, dan 1 Karya dari pemain saxbaritone Jay Afrisando yaitu Sequental Series 135).

Pada awalnya kami latihan mulai dari tanggal 1-4 Agustus jam 13.00- 17.00 WIB di Yogyakarta, dan konser sebelum berangkat ke Bali pada tanggal 5 agustus 2015 di Yogyakarta, Pkl. 20.00 WIB (Konser Pamit). Terus, kami berangkat dengan bus pariwisata dari Jogja ke Bali setelah konser di Jogja pada malam itu juga tanggal 5 Agustus.

Di perjalanan panjang, kami sangat menikmati suasana kota-kota yang kami lewati, seperti Klaten, Solo, Probolinggo, Surabaya, dll. Sesampainya di pelabuhan Banyumanik, bus kami naik di kapal, karena harus menyeberang ke Bali. Di kapal juga kami menikmati suasana laut yang indah. Layaknya laut Bali yang megah dan terkenal , dan setibanya kami di Bali tanggal 6 Agustus 2015 Pkl. 23.00 WITA, nginap di Hotel SENS di daerah Ubud, Bali.

Sebetulnya sangat melelahkan karna perjalanan panjang. Tapi, semuanya ternikmati karna kebersamaan, dan banyak makanan. Haha …. trus langsung istirahat.

Tiba check-sound di tempat terselenggaranya iven UBUD VILLAGE JAZZ FESTIVAL 2015, disambut panita dan  stage manajer panggung untuk melakukan check sound perinstrumen. Setelah check-sound kami kembali ke hotel untuk beristirahat lagi, karena Kirana Big Band pentasnya Pkl. 17.00 WITA.

Tiba jamnya kami berangkat lagi ke tempat konser. Panitia memberi kami pakaian batik sebagai seragam tampil Kirana, yang harga batiknya wou sekali karena batiknya dari sponsor atau bagian dari iklan. Di tempat konser, kami sangat banyak bertemu dengan musisi-musisi Indonesia dan internasional yang ikut serta juga di konser UBUD VILLAGE JAZZ FESTIVAL, seperti Oran Etkin instrument Clarinet dari USA yang mendapatkan penghargaan MUSIK AWARDS di negaranya, Ben Van Den Dungen intrumen Saxophone tenor-sopran (Netherlands), Alex Lahey (Australia), Sylvain Gagnon intrumen electric bass (CANADA), Laura Brunner VOCAL (USA), Dwiki Dharmawan (Indonesia), Indra Lesmana & I Dewa Gede Budjana, Rio Sidik Trumpeter, dan masih banyak lagi.

ubud 4
Penulis (kanan) bersama Rio Sidik (trumpeter)

Panggungnya terbagi ke dalam 3 stage (PADI STAGE, GIRI STAGE dan SUBAK STAGE) dengan waktu yang tidak bertabrakan dalam tampilnya. Grup Musik KIRANA BIG BAND tampil di GIRI STAGE sebagai opening di stage ini. Penontonnya banyak sekali, yaitu bulek-bulek. Hahaha … . Dan penonton lokal juga. Mereka sangat antusias dan bertepuk tangan setelah Kirana Big Band tampil. Luar biasa sekali acara UBUD VILLAGE JAZZ FSTIVAL 2015 ini. Saya pun sangat bersyukur bisa ikut konser di iven jazz terkenal ini.

Setelah konser kami pun melihat penampilan-penampilam para musisi yang tampil selanjutnya. Penampilannya semua luar biasa. Sempat terpikir juga, bagaimana ya kalau ada iven jazz internasional begini di Taneh Karo. Apa ya respon masyarakat Karo?

Semoga pengalaman ikut konser jazz ini menambah semangat saya dalam bermusik dan semangat latihan seperti yang dipesankan oleh Rio Sidik (trumpeter) sewaktu berbincang di ruang transit. Khususnya instrumen saya adalah trumpet. Saya ada rencana mengadakan konser pada bulan Desember nanti dan dosen saya Pak Agung juga mendukung. Semoga konser tunggal trumpet saya ini benar-benar bisa menjadi kenyataan, semoga ada sponsor yang mensuport saya haha.

Dengan mengadakan konser tunggal supaya bisa juga nanti diundang dalam konser-konser jazz yang ada di Indonesia sepeti Sumatera Jazz, Java Jazz, Dieng Jazz, Ubud Jazz, dll. Semuanya berawal dari mimpi, kan? Aminlah, hehe.

Skarang juga lagi menyelesaikan album instrumental trumpet, semoga orang suka dengan album instrumental trumpet saya ini. Semoga bulan September akan selesai. Amin, dipesan ya hehe …

ubud 6
Saat konser di Yogjakarta

Lanjut  pada Grup Kirana Big Band, Pkl. 23.00 WITA, kami kembali beristirahat lagi di Hotel SENS, salah satu hotel sponsor dalam iven jazz ini. Besoknya tanggal 8 Agustus 2015 Pkl. 09.00 WITA, chek-out dari hotel dan belanja oleh-oleh di SUKOWATI, CENING BAGUS, pusatnya oleh-oleh khas Bali. Setelah itu semua selesai. Kami balik ke kota pendidikan (Yogyakarta).

Tiba di Jojga tanggal 9 Agustus Pkl. 10.00. Semuanya berpisah kembali ke rutinitas bermusiknya masing-masing. Saya sangat bersyukur sekali bisa ikut iven Jazz terkenal ini. Dan berterimakasih kepada pak dosen, pak Agung. Dia sudah melibatkan saya di grup KIRANA BIG BAND tampil di UBUD JAZZ.

1 COMMENT

Leave a Reply