Panglima TNI Batal ke Siosar Pagi Tadi

0
120
panglima 1
Kasdam I/BB Brigjen C. Somantri di lokasi Pemukiman Pengungsi, Siosar (Kecamatan Merek) saat menyampaikan ke Muspida Karo yang hadir tentang Kunjungan Panglima TNI batal ke Siosar pada hari ini sesuai jadwal sebelumnya.

Bernard Pangaribuan 3B. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Panglima TNI  Jend. Gatot Nurmantyo batalkan kunjungan ke Siosar (Kecamatan Merek) [Rabu 12/8] sesuai jadwal rencana yang telah disusun sebelumnya. Menurut issue yang beredar, alas an pembatalan adalah karena Panglima TNI dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Jakarta.

Ditundanya kunjungan Panglima TNI ke Siosar membuat warga relokasi dan panitia pelaksana persiapan penyambutan sedikit kecewa sebab info gagalnya kunjungan membuat persiapan dilakukan dengan full menjadi sia-sia.

Danrem 023/KS Kolonel Fahri didampingi Dandim 0205/TK Letkol Asep S, Danyon 125 Simbisa Letkol Tunjung Setya Budi mewakili Kasdam I/BB mengungkapkan kunjungan Panglima TNI ke Siosar gagal pada hari ini [Rabu 12/8].

Ada beberapa alasan. Pertama, panglima dipanggil presiden. Ke dua, kemungkinan karena kesibukan tugas. Ke tiga, belum tepat waktunya melakukan kunjungan meski telah dijadwalkan sebelumnya.

“Prinsipnya, setiap Panglima TNI mengunjungi Karo kita selalu siap menyambut kedatanganya, meski sesuai informasi kita terima hari ini datang namun tidak jadi,” katanya.

Menurut infonya, kedatangan panglima ke Siosar untuk mencek persiapan anggota jelang kedatangan Presiden RI tanggal 16 Agustus sesuai agenda.

Gagalnya kunjungan Panglima TNI ke Pulau Sumatera bukan hanya dialami oleh Karo. Kodam I/ Bukit Barisan dan Kodam Isakandar Muda NAD juga mengalami nasib sama. Mereka juga sejak awal telah melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di TNI tersebut.

Jadwal kedatangan panglima ke Karo saat ini tidak dapat dipastikan karena bersifat tentatif.

“Namun infonya, walaupun belum diketahui pasti kapan, ia pasti datang lihat perkembangan relokasi di Siosar,” ujar Danrem 023/KS memastikan.

Pantauan wartawan di lokasi persiapan kedatangan panglima cukup matang dilakukan. Spanduk telah dipasang. Prajurit TNI sejak Pukul 05.00 Wib standby berada di Siosar untuk menyambut dan sebagian telah menginap di camp-camp yang tersedia.

Karena Panglima TNI tidak jadi datang, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Sekda dr Saberina didampingi para SKPD, Wakil Ketua PN Kabanjahe Basuki Wiyono SH, Kajari I Dewa Gde Wirajana SH, dan Wakapolres Kompol A. Sinurat yang sejak Pukul 07.40 telah tiba di lokasi akhirnya kembali setelah adanya kepastian panglima TNI tidak jadi datang.

Kabar kepastian pembatalan kunungan Panglima TNI ini dibawa oleh Kasdam I/BB Brigjen C. Somantri yang tiba di Siosar Pukul 10.40 Wib khusus untuk meyampaikan berita ini.

Leave a Reply