Profesionalnya Polisi Belanda

1
118
polisi
Seorang polisi sedang mencatat nomor plat kenderaan dan seorang polisi lainnya memeriksa kadar alkoho di tubuh pengemudi mobil merah.

Juara R. GintingJUARA R. GINTING. LEIDERDORP. Polisi Kota Leiden sekitarnya yang sedang patroli di Jalan Tol A4 (Amsterdam–Den Haag) melihat sebuah kenderaan roda empat melaju secara meliuk-liuk di depan mereka siang tadi [Rabu 12/8: Pkl. 14.00]. Setelah berhasil mengejar kenderaan itu, polisi pun memerintahkan pengemudinya keluar dari jalan tol untuk berhenti di sebuah halte bus Kota Leiderdorp.

Polisi langsung menyuruh pengemudi itu menghisap alat ukur kadar alkohol di tubuhnya. Ternyata pria kulit hitam yang mengemudi mobil sama sekali tidak mengkonsumsi alkohol.

“Mengapa anda tadi mengemudikan mobil seperti orang mabuk menyebeng ke kiri dan meyebeng ke kanan?” tanya salah seorang diantara dua polisi yang mengejarnya dengan mobil patroli.

“Saya hanya menirukan kenderaan di depan saya agar pacar saya menyadari betapa berbahayanya mengemudi mobil seperti itu,” kata pria itu sambil menoleh pada pacaranya yang perempuan Belanda.

“Tolong bagasi mobil anda dibuka, saya mau memeriksanya,” kata polisi itu lagi.

Sang pengemudi mobil merah itupun membuka bagasi belakang. Polisi menggeledahnya mencari sesuatu yang mencurigakan siapa tahu kenderaan itu mengangkut sesuatu yang ilegal. Lagi-lagi dia tidak menemukan sesuatu apapun yang dapat menjadi alasan menghukum pengemudi itu kecuali bahwa dia mengemudi dengan cara menyebeng ke kiri dan ke kanan.

“Anda telah melakukan pelanggaran lalu lintas dengan cara mengemudi seperti tadi. Tapi anda punya alasan yang cukup masuk akal dan anda kami lihat cukup ramah dan orang baik-baik. Jangan lagi diulangi mengemudi seperti itu. Terimakasih atas kerjasama yang baik dari anda berdua,” kata polisi sambil pamit mohon diri.

Terlihat komunikasi ramah tamah dan bersahabat antara polisi di satu pihak dengan pengendara mobil itu di pihak lain. Setelah polisi pergi, Sora Sirulo mewawancarai pengendara mobil itu dan pacarnya. Dari hasil wawancara itulah kisah ini dihimpun.


1 COMMENT

Leave a Reply