Berita Foto: Kandang Domba Berjalan

0
83

domba

 

Juara R. GintingJUARA R. GINTING. LEIDERDORP. Ada yang unik dengan taman hutan buatan di Leiderdorp (Nederland) yang tak jauh letaknya dari Kantor Sora Sirulo. Di pinggiran hutan ini yang berbatasan dengan selokan atau sungai, ditumbuhi oleh rerumputan dan berbagai semak belukar. Di musim panas seperti sekarang, rerumputan dan semak belukar itu semakin tinggi dan menyemak saja. Tapi, bagaimana merapikannya kalau menggunakan mesin babat akan mengganggu kenyamanan dan ketentraman taman hutan?

Tak jauh dari taman hutan buatan ini adalah wilayah pertanian yang luas dan termasuk peternakan sapi dan domba.

Atas kerjasama Pemerintah Kota Leiderdorp dengan salah satu peternakan setempat, ditemukan jalan keluar yang menguntungkan semua pihak. Peternak ini dipersilahkan menggembalakan domba-dombanya di pinggiran taman hutan buatan dengan syarat domba-domba itu tidak berkeliaran ke bagian-bagian lain dari hutan.

Peternak menggunkan pagar listrik sebagai pembatas agar domba-dombanya tidak berkeliaran ke bagian-bagian lain dari hutan.

domba 2

 

Uniknya lagi dari domba-domba ini, mereka tidak melahap semua rerumputan. Ada beberapa rumputan langka yang terancam punah bila membabatnya menggunakan mesin. Sebagian kota di Belanda bahkan membiarkan semak belukarnya liar tanpa pembabatan sama sekali atas desakan para pencinta lingkungan hidup karena cara pembabatan dengan mesin mengancam kepunahan berbagai rumputan langka. Walikota Leiderdorp menemukan jalan keluar yang menguntungkan semua pihak. Dengan membiarkan domba-domba digembalakan di padang rumputan itu, taman hutan buatan tetap terlihat bersih, rapi, dan tidak tidak menakutkan. Domba-domba ternyata tidak selera memakan rumputan-rumputan langka itu. Di pihak lain, domba-domba mendapat rumput segar dengan suasana baru pula.

Bukan hanya Partai Hijau (Groen Links Partij), Partai Pencinta Binatang (Partij voor de Dieren) pasti akan juga senang dengan sistim seperti ini. Warga di sekitar hutan, seperti halnya Sora Sirulo, tentu juga ikut senang karena, dengan cara begini, harga jual rumah tetap tinggi.

Leave a Reply