Ingat …. Ingat Timses/ Relawan

1
119

Oleh: Paulus Jepe Ginting (Jakarta)

Paulus Jepe Gintingtim suksesINGAT, INGAT, DAN INGAT ………. Gegap gempita dan sorak sorai dari masing-masing Timses/ relawan tentang kelebihan-kelebihan calon bupati yang diusungnya semakin intensif dan liar tak terarah. Foto-foto dan narasi, komen, atau respon tidak mencerminkan keadaban demokrasi.

Semua sisi dieksploitasi mulai dari remeh temeh sampai aneh-aneh. Dalam perkiraan mereka, sudah luar biasa memikat. Padahal dari sudut pandang komunikasi politik dan pembentukan opini publik justru kontra produktif dan memuakkan.

Mulailah tampakkan kegembiraan demokrasi, dimana semua happy dalam kompetisi ini. Berlakukan seni berpolitik yang indah namun tepat sasaran. Munculkan kreasi-kreasi yang memikat mata, telinga dan keteduhan hati.

INGAT : semua calon belum berkategori tokoh, karena itu jangan terlalu dieksploitir pribadinya. Harus dilakukan perimbangan dengan visi yang membumi, misi yang fokus serta program yang terukur dan logis.

INGAT : persoalan masyarakat Karo saat ini hampir di semua bidang kehidupan mengalami derajad degradasi. Kualitas hidup masyarakat menurun tajam. Masyarakat minus prestasi di tingkat regional dan nasional.

INGAT : peredaran Narkoba, korupsi, judi, prostitusi, HIV/ AIDS, erupsi Sinabung, pertanian kacau balau, industri dan perdagangan mandek. Inilah soal-soal dasar masyarakat Karo saat ini.

Masalah ini harus dijadikan titik poin penting dalam menuju perubahan Karo lebih baik. Timses atau relawan cerdas harusnya bermain dalam isu strategis ini yang langsung dipahami oleh masyarakat. Diakui atau tidak secara terbuka, persoalan-persoalan ini menjadi dasar semua masalah yang terjadi di kabupaten Karo.

Dari uraian di atas, maka diingatkan kepada semua Timses dan relawan, jadilah Timses yang cerdas, kreatif, stratejik, beradab, jujur, terbuka, dalam menyampaikan informasi yang memikat publik dan menimbulkan simpati. Jadilah Timses produktif, efisien, efektif, dan hindari hal-hal yang kontra pruduktif yang merugikan calon bupati yang diusung.

1 COMMENT

  1. “peredaran Narkoba, korupsi, judi, prostitusi, HIV/ AIDS, erupsi Sinabung, pertanian kacau balau, industri dan perdagangan mandek. Inilah soal-soal dasar masyarakat Karo saat ini.
    Masalah ini harus dijadikan titik poin penting dalam menuju perubahan Karo” (PJG).

    Perubahan dalam ‘soal-soal dasar masyarakat Karo saat ini’ akan menjadi tanda adanya perubahan di Karo atau dalam masyarakat Karo. Ini memang betul sekali adanya. Tak mungkin mengubah Karo kalau tak menyinggung perrsoalan dasar diatas.

    Kalau Timses itu mau bikin perubahan, harus menjadikan soal-soal dasar itu sebagai ‘titik poin’ propagandanya. Harus dikatakan secara sederhana, terbuka dan dimengerti semua orang (publik). Kalau timses tak mengangkat soal-soal hidup mati Karo itu sebagai tema pembicaraannya berarti tak terbuka atau berarti terus saja main gelap atau masih melaksanakan politik atau pikiran tradisi ‘pembiaran berkepanjangan’.

    MUG

Leave a Reply