Foto-foto Kemerdekaan RI di Karo (1) : GUNDALA

0
263

gundala 3

 

evansgundala 4EVANS A. SINULINGGA. KABANJAHE. Seni pertunjukan yang umumnya disebut topeng (mask) sering menjadi primadona dari acara pawai (carnaval), baik di Indonesia maupun banyak tempat lain di dunia.

Di Indonesia, kita kenal Ondel-ondel di Jakarta, Reog di Jawa Timur khususnya Ponorogo atau Barog di kalangan masyarakat Tionghoa yang sering kali menarik perhatian penonton dalam acara-acara pawai.

Demikian juga halnya di kalangan Karo. Suku yang wilayah ulayatnya terbentang di Kabupaten Langkat bagian Hulu, Kabupaten Deliserdang bagian Hulu, seluruh Kabupaten Karo, sebagian Kabupaten Simalungun (Kecamatan Silima Kuta dan Kecamatan Dolok Slau), dan sebagian Kabupaten Dairi (Kecamatan Taneh Pinem, Kecamatan Tiga Lingga, Kecamatan Gunung Sutember) mengenal juga seni pertunjukan topeng yang mereka sebut gundala-gundala atau tembut-tembut atau juga gana-gana.

gundala 1

Pawai yang diadakan hari ini [Senin 17/8] setelah upacara resmi Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabanjahe menampilkan berbagai kesenian rakyat. Rombongan yang menampilkan tarian topeng Karo ini mendapat sambutan sangat meriah dari penonton yang memenuhi sepanjang jalan yang dilalui pawai. Terutama di kalangan anak-anak yang umumnya merasa tegang melihatnya.

“Lucu-lucu menakutkan tampangnya gundala-gundala itu,” kata seorang gadis cilik kepada Sora Sirulo ketika ditanya tanggapannya mengenai rombongan tarian topeng Karo.

gundala 5Walaupun tidak semeriah tarian topeng Karo, rombongan barongsai yang ditampilkan oleh masyarakat Tionghoa yang tinggal di Kabanjahe dan Berastagi juga sangat menarik perhatian penonton.

Leave a Reply