Suplay Magma Sinabung Meningkat

0
149

foto nggunturmagmaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Gunungapi Sinabung yang masih berstatus Awas (Level IV) ini kemarin pagi (Kamis 20/8] kembali menunjukan peningkatan aktivitas dalam pembentukan kubah lava.

Ini teramati dengan adanya suplay magma yang kembali mengalami peningkatan ditandai dengan tingginya kegempaan guguran dan gempa frekwensi rendah. Kepulan asap putih masih terlihat jelas dari kawah Gunungapi Sinabung yang menandakan banyaknya aktivitas suplay magma yang berasal dari dapur magma ke kawah Gunung Sinabung.

Tingginya aktivitas suplay magma ini menandakan aktivitas pembentukan kubah lava di bagian Selatan dan Tenggara pada gunung teraktif di Pulau Sumatera ini masih terus terjadi saat ini. Ini menujukkan aktifitas Sinabung masih tinggi dan berpotensi mengalami erupsi saat ini.

Menurut petugas Posko Pengamatan Gunung Sinabung, suplay magma saat ini kembali mengalami peningkatan.

“Ini ditandai oleh adanya kegempaan guguran yang pada hari Rabu [19/8] mencapai 600 kali pada pagi dan sore hari disertai kegempaan frekwensi rendah dan kegempaan dalamnya yang mendorong magma ke kawah Sinabung,” kata Arif yang petugas pengamatan Sinabung,

Tingginya aktivitas suplay magma membuat pihak PVMBG belum berencana menurunkan status Gunung Sinabung. Soalnya, potensi erupsi dan ancaman awan panas masih tinggi.

Leave a Reply