Grup-grup Pendukung Paslon Bupati Karo

2
166

Oleh: Paulus Jepe Ginting (Jakarta)

 

Paulus Jepe GintinggrupDalam satu minggu ini saya mengamati grup-grup pendukung Paslon Bupati Karo di medsos. Ada Paslon Bupati melalui grup-grup pendukung di medsos secara konsisten dan tiada henti memberi dukungan dengan cara-cara simpati. Pada saat yang sama menambah grup pendukung dengan konten yang kelakar lucu-lucuan namun menarik.

Grup-grup pendukung tersebut meliputi : 1. Ramon Bangun Karo, 2. Takasima Karo 3. Gulok-gulok Biang. Ketiga grup ini konsisten, simpati, informatif, ajakan, sopan, kelakar mengajak pembaca mendukung Paslon Bupati Karo RAMON BANGUN dan EDI ULINA GINTING.

Grup pendukung lain untuk paslon lain yang juga konsisten memberi dukungan dan ajakan ialah : 1. 007 Fans Club, 2. 007 Community Fans Club Heben Heser Ginting dan Ngadep Tarigan. Kedua grup pendukung ini walau tidak intens tetapi memberitakan kegiatan-kegiatan Timses dan relawan ke berbagai tempat mengajak masyarakat untuk mendukung paslon bupati karo HEBEN HESER GINTING dan NGADEP TARIGAN.

Bagaimana dengan grup dukungan lain untuk paslon yang lain?

Saya mengamati ada grup Cuaca Bangun Karo Cerah, yang pada awalnya sangat konsisten menginformasikan tentang kegiatan timses bersama paslon dukungan, kini sepi-sepi saja. Apakah ini suatu strategi? Masih sulit kita memastikannya. Grup ini membangun opini untuk mendukung paslon bupati CUACA BANGUN dan DAVID GINTING MANIK.

Grup pendukung medsos untuk Paslon Bangkit Sitepu, Layari Sinukaban, Terkelin Brahmana, Sudarto Sitepu sama sekali belum tampak/ belum ada. Dukungan-dukungan kepada paslon ini lebih pada pribadi-pribadi yang memuat dukungan dan ajakan tersebar di berbagai grup medsos.

Saya mengamati, paslon-paslon ini sangat percaya diri, bahwa mereka sudah sangat dikenal, dan berasumsi grup medsos tidak berkorelasi dengan kenyataan di masyarakat. Ini bisa saja strategi, atau ketidakmampuan mencari/ membuat grup dukungan. Apapun itu semoga berjalan baik.

2 COMMENTS

  1. Dalam soal menghadapi perbedaan terutama kritik, bagi tiap manusia merupakan pesoalan hidup yang selalu menggugah, karena bisa bikin “hidup” atau “mati” bagi tiap orang, terutama bagi orang-orang introvert sangat besar sekali imbasnya.

    “Saya mengamati, paslon-paslon ini sangat percaya diri, bahwa mereka sudah sangat dikenal, dan berasumsi grup medsos tidak berkorelasi dengan kenyataan di masyarakat. Ini bisa saja strategi, atau ketidakmampuan mencari/ membuat grup dukungan. Apapun itu semoga berjalan baik.” kata PJG.

    Bahwa media sosial telah berubah menjadi media dunia terbesar abad ini tak bisalah dibantah, dan begitu juga pengaruhnya yang luar biasa kita bisa saksikan semua. Media besar dan mogul media besar abad lalu semua sudah pada mundur, bahkan koran-koran mereka yang masih jalanpun sering ambil berita dari media sosial.

    Jadi media sosial yang sekarang berperan sebagai media terbesar dan terpopuler dengan jutaan penulis dan reporternya tak bisa lagi diremehkan. Bagi kita orang Karo sudah sangat bagus memanfaatkan media besar ini. Ini tentu tak lepas dari kharakter Karo yang introvert dan sesuai dengan perubahan dunia ke dunia introversi dari dunia extroversi abad lalu. Atau apa yang dinamakan oleh Susan Cain Quiet Revolution atau Revolusi Mental kata Jokowi.

    Mari paslon-paslon Karo gunakan era Quiet Revolution. Manfaatkan terus Media Sosial.
    Revolusi Mental terus kita jalankan, karena abad ini adalah abad kita, abad introvert.

    MUG

  2. Selalu ada positifnya info tentang paslon-paslon ini. Yang paling menarik dan banyak faedahnya bagi publik ialah kalau calon bersangkutan berani kemukakan pendapat atau uji kemampuannya menghdapi publik dimulai dari media sosial yang luas.
    Ada bedanya memang kenyataan di kehidupan dan kenyataan di media sosial. Apa yang kita katakan di media internet sering impuls sendiri tanpa dipengaruhi siapa-siapa karena duduk sendiri dibandingkan dengan dialog darat. Tetapi ada juga positifnya, orang bisa berpikir lebih dalam tentang soal-soal yang dibicarakan, dasar yang lebih luas dan dalam, serta terus bisa ditingkatkan kwalitasnya. Ini adalah satu kenyataan yang berlaku bagi semua, pada era intrnet dengan informasi tak terbatas dan penambahan pengetahuan yang tak terbatas juga. Tanpa memanfaatkan internet dengan segala kelebihannya, seorang calon tak akan ‘lengkap’. Keberanian si calon melibatkan diri dalam diskusi internet, jelas tak bisa diremahkan. Ini termasuk ujian KETERBUKAAN, terutama bagaimana menghadapi kritik atau pikiran yang bertentangan, atau berbagai pikiran yang tidak sejalan dengan pikiran sendiri, dari situ akan muncul suatu perubahan dalam pikiran sendiri dulu, karena KONTRADIKSI ADALAH TENAGAPENGGERAK PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN.

    Bujur PJG menginformasikan berita medsos ini.
    MUG

Leave a Reply