Kolom M.U. Ginting: NADIA

0
121

bailout

M.U. Ginting 2Kasus BLBI dan kasus Century adalah kasus-kasus besar yang melibatkan orang-orang besar pula. Artinya, orang-orang yang kekuasaannya terbesar saat kejadian. Untuk menyelamatkan orang-orang besar ini bisa dilakukan berbagai cara. Salah satu ya harus ada yang dikorbankan.

Ini hanya salah satu cara yang juga banyak terjadi di banyak perkara dunia, bikin kambing hitam. Bisa terjadi begitu atas Budi Mulya walaupun pembuktiannya sangat komplikasi karena kekuasaan dan pengaruh yang lebih besar tadi.

Budi Mulya bisa juga memang tak mengetahui sama sekali rencana besarnya melihat kedudukannya di bawah yang lain-lain. Bisa juga tahu sedikit dan dapat bagian sedikit pula, tetapi pasti tak akan ada artinya dibandingkan dengan Rp. 6,7 T itu. Kalau dia tak tahu sama sekali, pasti jugalah tak dapat bagian dari hasil bailout itu. Kalau begitu hukumannya sangat terlalu berat.

“Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menghukum Budi Mulya dengan pidana 10 tahun penjara serta denda Rp 500 juta subsider 5 bulan kurungan pada 17 Juli 2014 lalu. Di tingkat banding, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menambah hukuman untuk mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Budi Mulya menjadi 12 tahun penjara,” rilis merdeka.com.

Bisa juga terjadi dan sangat sering di dunia dimana penguasa utama negeri itu (presiden) hanya digunakan saja. Dia sendiri tak punya rencana bikin kesalahan sebesar itu. Presiden Megawati suruh jual Indosat misalnya, siapa yang diuntungkan? Jelas bukan Mega.

bailout 2
Nadia Mulya

 

 

Dalam soal Century alasannya misalnya karena, kalau tak dibikin bailout, akan berpengaruh sistemik, katanya. Sekarang kan semua tahu kalau alasan itu hanya bikin tertawaan saja. Siapa yang bisa percaya kalau kebangkrutan bank kecil bisa bikin kacau bank besar atau bikin kacau ekonomi satu negeri. Mana pula bisa terjadi begitu. SBY apakah juga mengerti ketika itu soal pengaruh sistemik ini? Masih tanda tanya juga. Karena itu, betul juga Nadia Mulya bilang supaya mencari aktor intelektual di belakang kasus Century. Juga harus cari di kasus BLBI.

Buku Misbakhun soal Century bikin hidup kembali kasus ini. Buku ini akan merupakan salah satu lentera terdepan dalam menerangi kegelapan masa lalu. Diperlukan lentera jutaan rakyat untuk menerangi jutaan rakyat pula, itulah yang akan mengubah dunia ini jadi dunia aman bagi kemanusiaan.

Koruptor-koruptor besar ini hanyalah sebagai satu intermezzo dalam proses perubahan dari Abad 20 ke Abad 21; dari masa kegelapan ke masa yang lebih cerah, masa keterbukaan dan transparansi. Tanpa koruptor-koruptor ini juga proses perubahan mungkin lebih lambat.

Leave a Reply