Sail 2015 Amsterdam

1
142

amsterdamSRIA VAN MUNSTER-GINTING. AMSTERDAM. Salah satu event terbesar di Nederland adalah Sail Amsterdam. Ratusan bahkan ribuan kapal kecil, besar, kapal tua (warisan) yang asli maupun palsu ( kapal yang dibuat kembali indentik dengan aslinya),  kapal sport/ rekreasi dan juga kapal maritim bertemu bersama di Amsterdam tepatnya di pelabuhan Ijhaven.

Awalnya Sail Amsterdam adalah pada peringatan 700 Tahun Amsterdam pada tahun 1975. Saat itu, semua kapal layar dari seluruh dunia diundang untuk berlabuh beberapa hari di Amsterdam. Mereka pun berdatangan. Sejak saat itu Sail Amsterdam menjadi event paling besar gratis yang deselenggarakan setiap 5 tahun.

Kali ini adalah yang ke 9,  berlangsung dari tanggal 19 Agusturs 2015 hingga 23 Agustus 2015.

Pengunjung bisa memasuki kapal-kapal layar tua yang besar, dan melihat bagaimana kapal-kapal zaman dahulu dibangun. Kapal-kapal layar ini tentu tidak lagi digunakan sebagai kapal petualangan mengarungi lautan luas, tetapi sebagai tempat belajar dan latihan bagi yang ingin menjadi pekerja di kapal atau ingin memiliki kapal sendiri keliling dunia, atau bagi yang suka dan hobbinya berlayar atau sebagai angkutan wisatawan dan kegiatan komersil lainnya.

amsterdam 4

 

Salah satu diantara 63 kapal layar terbesar dari segala penjuru dunia yang sempat dimasuki Sora Sirulo adalah Kapal Christian Radich dari Norwegia yang dibangun pada tahun 1937. Terkesan sekali bahwa kapal layar ini memang sudah tua, dan  keasliannya tetap dijaga. Dengan melihat kapal-kapal yang berkeliling tentu kita juga ingin ikut berlayar berkeliling pelabuhan dengan kapal kecil atau sedang, hal ini tentu saja bisa. Dengan ikut teman, kenalan yang punya kapal, atau menyewa kapal bersama teman-teman, atau tentunya ikut kapal tour keliling Amsterdam

Bosan dan kelelahan keluar masuk kapal layar yang antri dan lama tentunya pengunjung bisa duduk menghibur diri dengan musik dan segelas minuman kesukaan di tenda sebelah pelabuhan sambil menikmati kapal-kapal yang berlalu lalanang. Atau memperdalam rasa ingin tahu segala hal tentang perkapalan dan pelayaran.

Enggan menjadi bagian dari pengunjung di siang hari, tetapi inginkan mengabiskan waktu bersama kekasih di beulevard pelabuhan, malam hari adalah saatnya palig tepat. Selain pelabuhan yang akan kelihatan romantis ditambah hembusan angin di summer night, kegiatan akan diakhiri setiap malam dengan pelepasan kembang api yang berbentuk indah.

Puncak acara adalah malam ini. Kesempatan terakhir melihat kapal-kapal layar ini dengan dekat adalah besok pagi, Minggu 23 Agustus 2015, saat para awak kapal akan bersiap-siap meninggalkan Amsterdam. Kam bisa melambaikan tangan yang terakhir pada mereka jika kam punya waktu melepas mereka di pelabuhan Lijmuiden, Nederland.


1 COMMENT

Leave a Reply