Babinsa Kodim 0205/ TK Latih Warga Siosar Beternak Bebek

1
188

bebek 2Bernard Pangaribuan 3B. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Dandim 0205/ TK Letkol Inf. Asep Sukarna memerintahkan para Babinsa Kodim 0205/ TK para pengungsi Sinabung beternak bebek. Pelatihan khususnya diberikan di relokasi Desa Siosar (Kecamatan Merek).

Ini disampaikan oleh Dandim 0205 Tanah Karo Letkol Inf. Asep Sukarna kepada wartawan [Selasa 25/8] dari Makodim 0205 Tanah Karo di Jl. Jamin Ginting, Desa Raya (Kecamatan Berastagi).

Dandim 0205/TK menjelaskan, pelatihan ternak bebek ini adalah untuk menambah penghasilan warga yang umumnya petani. Ternak bebek ini sangat mudah memeliharanya. Cukup memberikan makanan 2 kali sehari (pagi dan sore), serta dibuatkan kolam kecil untuk tempatnya berenang. Bebek juga tahan penyakit.

Ada 2 jenis bebek yang diternakkan. Pertama, bebek yang siap bertelur. Makanannya adalah dari pabrik. Ke dua, ternak bebek penggemukan. Cukup diberikan sisa-sisa makanan ataupun diberikan dedak padi.

 

bebek 3

 

Pemasaran ternak bebek ini mudah dan memberikan keuntungan dengan perhitungan 70% dari modal.

“Pelatihan ternak bebek ini untuk ke depannya dilaksanakan secara bertahap serta diberikan 100 ekor bebek kepada tiap kelompok tani yang sudah menempati perumahan relokasi di Desa Siosar,” ujar Perwira Menengah ini dengan semangat.


1 COMMENT

Leave a Reply