Sinabung Meletus Lagi Tadi Pagi

0
132

sinabung 16
Letusan Gunung Sinabung pagi tadi [Rabu 26/8: 08: 15 Wib] terlihat dari Pusat Pasar Kabanjahe, Dataran Tinggi Karo.
sefer

SEFER NANDA SITEPU. KABANJAHE. Setelah beberapa hari Gunung Sinabung tidak lagi erupsi, tadi pagi [Rabu 26/8: 08: 15 Wib] gunung ini kembali menunjukkan letusannya.

Abu vulkanik membumbung ke angkasa dengan ketinggian kolom sekitar 1 km. Diam sejenak menunggu hembusan angin yang akhirnya menghembusnya turun ke arah Selatan.

Warga di seputaran Kabanjahe tepatnya di Pusat Pasar Kabanjahe hanya menoleh sejenak dan berkata: “Sinabung lagi. Biasa!”

Penduduk Dataran Tinggi Karo sepertinya sudah terbiasa dengan letusan-letusan seperti itu dan juga sering sekali. Tapi itu bukan berarti mereka tidak mengkhawatirkannya. Selain kekhawatiran letusan yang jauh lebih besar bisa terjadi, kerugian telah banyak menimpa mereka.

Tidak hanya warga beberapa desa yang masuk ke dalam Zona Berbahaya (Radius 7 km) sehingga mereka harus mengungsi meninggalkan kampung halaman dan makam nenek moyang serta keluarga mereka. Para petani yang tinggal jauh dari Zona Bahaya juga mengalami kerugian besar gagal panen karena debu vulkanik yang menyelimuti lahan pertanian mereka.

Menurut pemerintah, hal ini masih bisa terjadi hingga 5 tahun lagi.

Leave a Reply