ANTARA POPULARITAS DAN KEMAMPUAN

1
158

Analisis Medsos dan Telepon, SMS, Perbincangan di Pasar, dan Kedai Kopi

paslon 2
Ilustrasi: DARUL KAMAL LINGGA GAYO

Oleh: Paulus Jepe Ginting (Jakarta)

 

persira ginting 2
Foto: PERSIRA GINTING

Paulus Jepe GintingDalam 6 thread posting terdahulu saya sudah menganalisis topic-topik yang menjadi keunggulan dari masing-,masing calon bupati Kabupaten Karo dalam melakukan perubahan dan pembangunan. Setelah berjalan hampir 2 bulan dari postingan tersebut, saya melakukan analisis rangkuman dengan topik: ANTARA POPULARITAS DAN KEMAMPUAN.

Dalam Komunikasi Politik dan Psikologi Politik, sosialisasi diri sangat penting dalam membangun opini publik. Opini publik berkorelasi langsung dengan trust (kepercayaan).

Kepercayaan masyarakat adalah faktor utama dalam menentukan preferensi pilihan. Pilihan menentukan kemenangan. Popularitas adalah ‘keterdikenalan’n seseorang oleh orang lain melalui rupa wajah, suara, tulisan, sikap perilaku, dan tindakan. Kemampuan adalah karakter diri yang melekat dalam sikap, perbuatan, tindakan, karya, serta wawasan yang bersifat positif untuk dirinya dan orang lain.

Popularitas dan Kemampuan keduanya timbul sebagai proses panjang dari pengalaman hidup seseorang dan lingkungannya. Keduanya kerapkali saling melengkapi. Maka sangat penting keduanya dimiliki oleh seorang pemimpin publik seperti bupati.

Inilah urutan popularitas calon bupati menurut analisis saya : 1. Sudarto Sitepu, 2. Bangkit Sitepu, 3. Terkelin Brahmana, 4. Ramon Bangun, 5. Heben Heser Ginting, 6. Cuaca Bangun, 7. Layari Sinukaban.

Inilah urutan Kemampuan calon bupati menurut analisis saya : 1. Heben Heser Ginting, 2. Ramon Bangun, 3. Cuaca Bangun, 4. Terkelin Brahmana, 5. Layari Sinukaban, 6. Bangkit Sitepu, 7. Sudarto Sitepu.

Analisis ini dibuat bertujuan agar pemilih dapat menentukan preferensi pilihan lebih masuk akal dan logis. Analisis ini juga mengabaikan faktor politik uang. Harapan agar para Tim Sukses dan Relawan dalam hari-hari ke depan dapat meningkatkan keunggulan calonnya.

Mejuah-juah.

1 COMMENT

  1. Analisa dan kesimpulan explisit dari PJG.
    Kepopuleran bisa dibantu dari segi ekonomi, sudah biasa kita saksikan seluruh dunia. Juga di Indonesia dengan politik uang dsb.
    Kemampuan tak mungkin dipengaruh banyak oleh ekonominya.
    Keduanya, popularitas dan kemampuan berubah dan berkembang. Kita mengharapkan kemampuan ini bisa berkembang lebih baik dalam proses pemilihan kali ini sehingga lebih banyak manfaatnya bagi Karo, dalam perubahan dan perkembangannya, kemajuannya secara mental dan fisik (pembangunan).
    Dari segi kemampuan tadi menurut analisa PJG adalah 1.Heben Heser Ginting . . sampai 7. Sudarto Sitepu. Bupati sekarang Terkelin Brahmana berada dalam urutan ke 4.

    Menarik untuk terus mengikuti perubahan dan perkembangan Popularitas dan Kemampuan paslon-paslon ini walaupun dari sudut ‘kedai kopi’ dsb.

    Bujur PJG

    MUG

Leave a Reply