Kolom M.U. Ginting: Madep Sungai

0
171
sungai 1
Desa Rumah Sumbul (Kecamatan STM Hulu). Wilayah administrasi Kabupaten Deliserdang yang masih merupakan bagian dari Karo Hilir (Karo Jahe). Foto: SALMEN KEMBAREN.

M.U. Ginting 2“Ayo Kerja” kelihatannya sudah mulai dijalankan oleh Menteri Puan. Bagus sekali, terutama dimulai dengan budaya sungai. Kembalikan ke era lalu dimana sungai sebagai sumber kehidupan dalam arti membantu jalannya kehidupan seperti air bersih yang selalu tersedia, ikan, pengangkutan, dan  pelestarian budaya.

“Rumah agar ‘madep’ ke sungai atau agar tidak membelakangi sungai. Dengan tidak membelakangi sungai, berarti tidak akan menjadikannya sebagai tempat membuang sampah, tapi sebagai halaman depan yang selalu kita jaga kebersihannya,” tutur Ganjar Gubernur Jateng. Ini satu ide pembaruan mengubah wajah sungai dengan memutar wajah kita ke sungai daripada membelakangi sungai.

Ayo Kerja semua, dimulai dari para menteri. Budaya menghadap ke sungai harus digerakkan sehingga semua mengerti dan melaksanakan. Jika ratusan ribu penduduk melaksanakan perubahan menghadap ke sungai ini, akan terlihat perubahan besar, dari ide/ gagasan ke praktek dalam kenyataan.

Jika hanya diam tak akan ada perubahan.



Leave a Reply