Kolom M.U. Ginting: MOBILISASI VS PARTISIPASI

0
163

M.U. Ginting 2mobilisasi 2Ide bikin website RM (Revolusi Mental) ini sangat tepat dan sangat dibutuhkan dalam rangka menggerakkan RM itu. Revolusi ini adalah gerakan massal dan harus dijalankan oleh jutaan orang. Ini sudah memungkinkan pada era internet.

Bahwa RM akan banyak penentangnya? Itulah revolusi. Pertentangan antara yang baru dan yang lama, a.l. ialah antara partisipasi dan mobilisasi.

Mobilisasi adalah masa lalu seperti menggerakkan preman atau demo dibayar dengan duit, atau politik uang dalam pemilihan. Partisipasi ialah dengan kesedaran pikiran, tanpa duit juga jalan. Itulah yang akan diciptakan dalam proses RM. Banyak penentangnya. Itulah kontradiksi, pesawat terbang bisa naik karena bantuan angin yang menentangnya.

Website ini masih ‘abal-abal’. “Jadi ketimbang bikin website, semestinya mental kabinet dan jajarannya diperbaiki dulu,” kata politikus Gerindra Husein Mohi.

Betul memang mental kabinet dan jajarannya diperbaiki dulu, dan diperbaiki terus termasuk dalam bikin website ini. Tepat juga memang bahwa dalam RM penting menteri memulai perbaikan, termasuk dalam bikin web, yang juga pasti banyak penentang untuk menghalanginya.

Di situlah juga proses perbaikan bagi para menteri dalam “Ayo Kerja”.

Dari segi lain yang lebih penting ialah RM adalah bagi seluruh publik, bagi jutaan rakyat yang akan bikin revolusi dalam pikirannya tentang perubahan dalam abad ini. Untuk itulah web RM ini sangat dibutuhkan. Di situ juga nanti para menteri ini memperdalam proses perubahan itu, dalam revolusi itu sendiri.

“Ayo Kerja!” Dimulai dari semua menteri! Tunjukkan kalau kalian bekerja. Waktu cepat sekali berlalu. Era blusukan sudah berlalu.

Sekarang “Ayo Kerja”!



Leave a Reply