Kolom M.U. Ginting: Revolusi Mental dan KBB

0
171
RM
Rata-rata anak Karo pintar bermain catur. Tidak mengherankan 3 diantara 6 pecatur yang dikirim oleh Percasi ke Olimpiade Catur di Junani adalah orang Karo; Cerdas Barus, Nasib Ginting, dan Alm. Monang Sinulingga. Sedangkan 3 pecatur lainnya adalah Edhie Handoko, Ardiansyah, dan Utut Hadianto. Di jaman kolonial juga seorang pecatur Karo telah mengalahkan beberapa pecatur nasional Belanda dan remise dengan Dr. Max Euwe yang tak berapa lama kemudian menjadi juara dunia catur sebelum Boris Spasky.

M.U. Ginting 2Biaya Rp. 140 M gantinya jadi Rp. 200 ribu adalah masuk akal buat biaya satu website. Biaya Rp. 140 M adalah biaya keseluruhan gerakan RM (Revolusi Mental) dalam melancarkan 3 hal penting seperti dikatakan oleh Puan yaitu; integritas, etos kerja dan gotongroyong.

Pengertian integritas sangat luas dan juga sangat lebih abstrak, tetapi “ayo kerja” dan meningkatkan, mensemarakkan gotongroyong adalah faktor menentukan dalam gerakan RM.

Kerja dan bergotongroyong mengatasi semua kesulitan dan membangun, tak akan terkalahkan oleh kekuatan apapun. Revolusi Mental bukanlah soal biaya, dan pengertian ini sajapun (tanpa biaya atau tak tergantung biaya)  sudah termasuk bagian penting dari RM.

Artinya, mengubah otak tanpa biaya. Contohnya di kalangan Suku Karo ialah KBB (Karo Bukan Batak) sebagai gerakan pencerahan dan perubahan mental Suku Bangsa Karo. KBB telah berjalan sukses tanpa biaya yang dijatahkan, tanpa budget nyata. Biayanya adalah mental saja. Tiap orang mengubah mentalnya tak harus  pakai duit, karena ada dalam otak sendiri. Konstruksi dan strutur otak tak mengenal duit.

RM 3
Para penari yang sekaligus pemusik tradisional Karo yang tergabung di dalam Sanggar Seni Sirulo (lihat video di bawah).

Contoh yang sangat bertentangan dengan RM ialah bikin peraturan ‘kebal hukum’ bagi pejabat supaya mau bekerja. Dimana RMnya dan dimana “Ayo Kerja”nya? Pecat saja yang tak mau kerja dan yang tak berani bekerja! Ini juga adalah RM dalam praktek bagi penguasa yang berhak memecat pejabat lain, termasuk bagi presiden. Ahok telah mejalankan RM dalam soal ini. Dipecatnya walikota yang tak becus dan tak mau melaksanakan atau tak mau mengerjakan instruksinya. Itulah RM dalam otak Ahok, sudah jalan. Itulah RM untuk menjamin kepentingan rayat supaya lebih diutamakan.

Situs RM diretas, adalah masuk akal. RM seperti juga KBB banyak penentangnya. RM menimbulkan kontradiksi yang pasti bukan hanya secara nasional tetapi pasti juga secara internasional. RM adalah gerakan revolusi mental rakyat-rakyat dunia dalam perjuangan untuk keadilan dan perdamaian. Indonesia memulainya dari mental tiap individu. Seperti halnya dengan KBB adalah bagian dari ethnic revival dunia, pembebasan kultural dan kembali ke kearifan lokal

Karena itu juga, KBB adalah bagian yang sangat penting dari Revolusi Mental dalam kultur Karo dan kearifan lokal Karo.



Leave a Reply