WATAS TANAH TONGGING

0
262

Pengantar dari redaksi

ramos girsang 2
Rumah Raja Urung Tongging dari masa kolonial yang tetap masih dilestarikan di Tongging

ramos girsangBerikut adalah surat yang diterbitkan oleh Sibayak Suka di masa kolonial berkenaan dengan batas-batas wilayah Tongging. Surat ini dikirim ke redaksi oleh Ramos Girsang.

Di bagian akhir kami persembahkan sebuah clip Ona Sutra yang perekamannya diadakan di seputaran Air Terjun Sipiso-piso yang masuk wilayah Urung Tongging. Urung adalah istilah Karo untuk sebuah wilayah yang menghimpun sekelompok kuta (desa) dalam ikatan adat Karo yang disebut runggu anak beru–senina.

Salinan Koetipan dari daftar firman Keradjaan Negeri Soeka Register No. 530/ 1940. Keradjaan Negeri Soeka.

Telah memperhatikan “Kampong-grensregeling Karolanded ddo. 1 April 1935 No. 143; Telah membatja Advies Roenggoen Balai Raja Soeka No. 5 dd. 25 Novembar 1940. Menetap dan Mengakoei:

1. Watas tanah kesain si V Empoe dengan kesain Siandjoeloe, ialah dari Binanga loeroes ke Pantjoer Aekkori teroes menoedjoe kepengkolan pasar Tongging sampai menoedjoe watas dengan Simaloengoen.

2. Watas tanah kesain Siandjoeloe dengan Maria Tongging, ialah Baloeren toroe pasar garis loeroes ke no. 2 (dekat batoe nabolon). Dari sitoe ke Binanga (menoejoe barat)

3. Watas tanah kesain Simarmata dengan Maria Tongging, ialah: Garis Loeroes dari Binanga ke batoe panggaroeten. Dari batoe panggaroeten loeroes menoedjoe ke dalan Hoppoan, dan teroes garis loeroes ke watas Simaloengoen (menoedjoe Timoer.

4. Watas tanah kesain Manik dengan tanah Simarmata, ialah : Dari oerong (oeroek) Sidenggal garis loeroes menoedjo oeroeng batoe tippoes. Dari oeroeng batoe tippoes teroes loeroes menoedjo ke Hoeboean oeroeng batoe tippoes.

5. Watas tanah kesain Moente (Siandjahe) dengan tanah kesain Manik, ialah: Silangka-langkaon batoe tippoes loeroes menoedjoe harang horbo. Dari harang horbo garis loeroes menoedjoe ke bandar pandjal-djalan, dari sinilah kebawah hingga didapati hoeboeran Hondom bagian Sianjahe.

Salinan jang sama boenjinja dikirim kehadapan seripadoeka Toean Controleur van de Karolanden dan Radja Oerong Tongging, oentoek disimpan dalam archiefnja serta koetipan seberapa perloe diberikan kepada penghoeloe2 jang bersangkoetan itoe oentoek diketahoeinja.

Soeka, 25 November 1940
Het Inlandsche Zelfbestuur van Soeka

Pemantang Siantar, de 24 Dec 1940
Gezien:
De. Ass. Resident Simaloengoen en de Karolanden



Leave a Reply