Kabut Asap Menipis di Jambi

0
145

bastantaBASTANTA P. MELIALA. JAMBI. Kabut asap akibat kebakaran hutan/ lahan di Riau, Jambi, dan Sumsel dengan cepat menyebar hingga Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Bahkan, lebih luas lagi, menyebar hingga ke dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia, sehingga sejak beberapa hari ini cukup mengganggu aktifitas dan tentunya kesehatan masyarakat.

 

asap
Suasana di Simpang Rambutan (Jambi) hari ini [Minggu 6/9]

Beberapa bandara di Pulau Sumatera, pun harus meniadakan aktifitas penerbangan, karena jarak pandang akibat kabut asap yang hanya berkisar 400 – 800 meter saja. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kabut asap yang menyelimuti Taneh Karo Gugung (Dataran Tinggi Karo: seperti Berastagi sekitarnya) dan Taneh Karo Jahe (Karo Hilir: seperti Medan sekitarnya) telah menurunkan kunjungan wisata di daerah ini secara drastis.

Pantauan Sora Sirulo hari ini [Minggu 6/9] di Jalan Lintas Timur Sumatera Jambi – Riau, tepatnya di Simpang Rambutan (Jambi), kabut asap yang sudah sekitar 4 hari menyelimuti daerah ini perlahan menipis. Langit pun sudah tampak cerah, walau kabut asap belum sepenuhnya menghilang, karena memang di daerah ini sudah hampir sebulan tidak turun hujan sama sekali.

Masyarakat pun tidak lagi merasa enggan untuk beraktifitas di luar ruangan. Senyuman ceria yang sebulan belakangan ini seakan telah sirna, kini perlahan mulai tampak lagi.

“Habis gelap terbitlah terang,” kira-kira demikian lebih kurangnya tersirat di wajah warga Simpang Rambutan.

Leave a Reply