Sirulo TV: Longsor Berastagi

1
356

rikwan sinulinggalongsor 1RIKWAN SINULINGGA. BERASTAGI. Sejak pagi tadi [Rabu 9/9], kemacetan kendaraan terjadi sepanjang jalan Berastagi. Hingga tinjauan Sora Sirulo ke lapangan, antrian kendaraan mencapai 5 km panjangnya.

Penyebab antrian panjang itu adalah longsor yang terjadi tepatnya di tikungan pertama 200 meter jauhnya dari Tugu Perjuangan Betastagi atau di bawah Gedung YPK Masehi GBKP.

Timbunan tanah longsong hampir menutupi jalan raya sehingga kendaraan tidak bisa melintas, terutama kendaraan truk besar.

longsor 4Peristiwa longsor ini juga memutuskan jaringan listrik dan telkom. Saat ini, para petugas dari Dinas Kebersihan, Dinas PU, Kecamatan Berastagi, petugas PLN, dan telkom dibantu Polisi Lalulintas dari Polsek Berastagi sedang bekerjasama menangani masalah longsor ini.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar kejadian, tanah longsor terjadi sekitar subuh tadi sehingga lalu lalang jalan raya sepi. Adapun akibat kejadian tanah longsor sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa. Demikian juga kerugian harta benda belum ada yang melaporkannya.

Namun begitu, jaringan listrik dan jaringan telkom harus diganti baru karena terputus akibat hantaman pohon bambu yang ikut terbawa tanah longsor. Batang-batang bambu yang masih menghalangi jalan raya harus ditebang.


1 COMMENT

  1. Mejuah-juah, Dua tahun yang lalu saya juga pernah menulis tentang jalan di lokasi yang sama. Jalan itu memang sudah pernah longsor dan tidak diperbaiki dalam waktu yang lama. Kira kira dua tahun yang lalu jalan di perbaiki oleh satu atau dua orang yang mengerjakannya dengan memakai cara yang sangat primitif dengan menggunakan ember kicil sebagai pengankut semen. Sedangkan tebing yang mau di perbaiki cukup tinggi. Tak heran kita kalau sekarang longsor lagi. Katanya itu adalah tanggung jawab Provinsi tapi mengapa ketika memperbaikinya kelihatannya seperti tidak serius atau memang tidak ada danakah? Atau memang dirancang supaya ada lagi proyek segera? Siapapun yang bertanggung jawab untuk jalan itu, Please do your best!

Leave a Reply