Sirulo TV: Sebagian Medan Tergenang Air Selutut

0
138

roselindabanjirROSELINDA PURBA. MEDAN. Hujan deras di Medan malam ini [Jumat 11/9] sejak Pkl. 20.15 hingga sekarang. Kemungkinan besar, guyuran hujan deras ini menerpa hampir seluruh wilayah Kota Medan.

Dugaan ini muncul karena tempat-tempat sekitarnya seperti Kota Binjai (Karo Hilir) dan Kota Kabanjahe (Dataran Tinggi Karo) juga diguyur hujan deras. Kabanjahe bahkan telah diguyur hujan sejak Pkl. 13.00 Wib (siang) hingga malam Pkl. 22.00 Wib (malam.

Seperti halnya yang terjadi di Pasar 4 Kelurahan Padangbulan-Selayang II (Medan Selayang), tejadi banjir selutut di pekarangan rumah-rumah warga. Seperti biasanya juga, jalan-jalan di Kelurahan Padabulan-Selayang II ini banyak yang tenggelam karena sawah-sawah yang masih tersedia tak lagi mampu menampung curah hujan.

Sebagian besar sawah-sawah yang telah dicetak sejak Jaman Kolonial karena daerah ini sempat menjadi kawasan kebun lada, tembakau dan nantinya menjadi kebun jati perusahaan perkebunan Padangbulan Estate, kini ditimbun untuk tapak perumahan mewah. Dengan begitu daya serap air sudah sangat lemah di wilayah ini. Sebagian warga menyarankan agar pemerintah memberlakukan kebijaksanaan sehingga perumahan yang dibangun dibangun di daerah ini tidak menggunakan papin blok yang dapat mengurangi daya serap tanah terhadap air hujan.

Keadaan seperti ini sudah menjadi langganan dari tahun ke tahun di Kelurahan Padangbulan-Selayang II.

Kasus yang sama tampaknya akan meluas ke mana-mana seperti halnya Binjai dan bahkan Kabanjahe. Sebagaimana dilaporkan dari Kabanjahe, sebagian tempat di kota itu seperti halnya Simpang Enem telah digenangi oleh banjir. Menurut rekan reporter dari Kabanjahe, Sefer Nanda Sitepu, sekitar Pkl. 19. 00 Wib hingga Pkl. 21.00 (malam), daerah Simpang UKA hingga Mesjid Agung Kabanjahe digenangi banjir, terutama di depan Kantor Bupati Karo.


Leave a Reply