Darurat Asap di Suban (Jambi)

0
137

bastantakabut 10BASTANTA P. SEMBIRING, SUBAN (JAMBI). Sudah sejak 3 hari ini kondisi udara di Jalur Lintas Timur Sumatera Jambi – Riau kian memburuk. Padahal sebelumnya sempat membaik. Pantauan Sora Sirulo pagi ini [Sabtu 12/9] di Simpang Rambutan/ Suban (Kecamatan Batang Asam, Jambi), kabut asap tebal yang sebelumnya sudah membaik, kini kembali menebal.

Biasanya, setiap harinya, kondisi terparah terjadi saat menjelang malam hingga menjelang siang (sekitar Pukul 10.00). Seterusnya keadaan akan berangsur membaik. Namun, amatan di lapangan sudah 3 hari belakangan ini tidak demikian dan situasi kian diperburuk dengan berhembusnya angin kencang dari arah Tenggara dan Selatan yang membawa serta asap dan debu.

Sekolah-sekolah sudah diliburkan, walau masih ada beberapa yang tetap aktif melakukan aktifitas belajarnya. Itupun terbatas. Seperti halnya SD 178/V Simpang IV Suban yang hanya memberlakukan jam sekolah untuk kelas 4, 5 dan 6 saja. Itupun dipulangkan lebih awal.

kabut 11

 

Sejauh ini, aktifitas masyarakat dan lalu lintas tampak normal, walau beberapa warga sudah mulai merasakan gatal-gatal di kulit dan batuk. Meski demikian, hingga kini belum ada tampak pembagian masker dan sosialisasi akan bahaya kabut asap dari pihak manapun.

Leave a Reply