Nurung Mbentar (Jurung Karo)

1
440

jurung 2darul kamal 5DARUL KAMAL LINGGA GAYO. TIGABINANGA. Nurung mbentar adalah sejenis ikan jurung yang lazim hidup di air deras atau sungai iklim tropis. Ikan ini banyak dijumpai di sungai-sungai yang ada di Taneh Karo; maupun Dataran Tinggi Karo maupun Karo Hilir seperti halnya di Sungai Deli dan Sungai Wampu.

Orang Karo biasanya mengkonsumsi nurung mbentar dengan menggulainya pedas dan asam. Rasa ikan gulainya lezat dan nikmat.

jurung

Nurung mbentar adalah sejenis ikan bersisik lebar, dominan putih perak, sering ditangkap dengan jala atau dengan perangkap bubu atau jarring. Selain itu, bisa juga ditangkap dengan menggunakan tangan kosong sambil menyelam (ijamahi).

Akhir-akhir ini, nurung mbentar semakin langka karena sering diracuni atau disetrum oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab.

Adapun ikan di dalam foto adalah hasil tangkapan jala di ruas sungai dekat Kite Langkah yang terletak diantara Desa Kuala dan Desa Simolap (keduanya di Kecamatan Tigabinanga). Harga per kilonya berkisar Rp 80.000 hingga Rp 100.000.

1 COMMENT

  1. Tahun 2009 yang lalu kami pernah memancing nurung mentar di Lau Gerbong (Perbesi) tempat bertemunya Lau Biang dan Lau Borus.

    Saya sangat penasaran memancingnya mengingat cerita kawan-kawan, tarikan ikannya keras seperti menarik kita. Kami memancing dari pukul 12.00-18.00wib. Saya dapat cuma 2 ekor nurung mentar seukuran jari tangan, kawan mendapatkan 1 ekor nurung mentar lebih kecil dari ikan kembung, dan yang lainnya mendapatkan 1 ekor ikan nila.

    Susah memang menangkapnya 😀

Leave a Reply