Kolom M.U. Ginting: TERANG

0
178

“Negara lain sampai jual Narkoba untuk operasi intelijen,” kata Fahri.

 

 

M.U. Ginting 2terang 4Indonesia sudah darurat Narkoba. Tak cocoklah menirukan cara itu, Pak Fahri. Pembaruan yang akan sangat membantu kemanusiaan pada era ini ialah kalau semua badan gelap itu (badan mata-mata rahasia) beroperasi secara terang-terangan, terbuka dan transparan. Pengetahuan inteligensi itu dimanfaatkan untuk perubahan dunia. Mantan intelijen Snowden sangat bagus memulai perubahan badan gelap ini.

Hampir tak ada lagi soal kemanusiaan yang perlu diselesaikan dengan gelap-gelapan. Soal gelap-gelapan masih perlu tadi di era dua blok, karena masing-masing blok ingin menang sendiri dan menguasai manusianya masing-masing. Sekarang tidak ada blok dunia, tak ada blok yang berkepentingan merahasiakan perbuatannya atau tingkah lakunya demi bloknya sendiri atau nationnya sendiri. Perjuangan apa saja sekarang di atas meja, dan bisa partisipasi semua manusia untuk membicartakan persoalan kemanusiaan, perubahan nasibnya dan perkembangannya.

Siapa saja yang mau membicarakan persoalan kemanusiaan ini (dan di dunia ini hanya ada persoalan kemanusiaan) berkewajiban memaparkannya di atas  meja untuk melibatkan semua manusia. Persoalan kemanusiaan hanya bisa diselesaikan oleh manusia itu sendiri, dikerjakan bersama dan sudah tak mungkin diselesaikan dengan gelap-gelapan atau rahasia-rahasiaan oleh seorang mata-mata atau satu badan rahasia tertentu.

terang

Persoalan kemanusiaan adalah persoalan bersama semua manusia, dan semua harus ikut memikul dengan semua ide dan kreasinya dan sudah bisa dipaparkan kepada semua dan seluruh dunia, karena sudah dimungkinkan oleh teknik maju internet.

Kalau dulu kita anjurkan ’supaya soal-soal ditaruh di atas meja’ karena masih banyak soal-soal kemanusiaan yang tak bisa ditaruh di atas meja, karena blok yang satu akan memanfaatkan demi bloknya (era dua blok).  Sekarang semua soal di atas meja (soal-soal kemanusiaan, seperti Narkoba atau lingkungan atau kemiskinan, dsb) tak ada lagi yang akan memanfaatkan demi bloknya. Malah dipersilahkan semua bekerja untuk itu.

Masih adakah persoalan kemanusiaan yang harus digelapkan sekarang ini?

Masih ada! Di Indonesia soal korupsi dan para koruptor masih perlu kegelapan. Di dunia adalah soal Narkoba dan peredarannya, seperti Fahri bilang badan inteligen juga gunakan narkoba cari duit.

terang 2Persoalan lainnya ialah lingkungan dan perusakan lingkungan, seperti pembakar hutan di Indonesia. Ini semua masih berjalan dengan rahasia dan, untuk membasmi semua ini, harus tanpa rahasia. Harus terang-terangan dan terbuka. Tak ada jalan lain. Itulah soal kemanusiaan sekarang. Semua terbuka.

Pertama, supaya sebanyak mungkin ikut berpartisipasi, semua ikut menyelesaikannya. Tak akan ada tempat bagi pembakar hutan kalau semua penduduk setempat aktif mengejar pembakar itu. Tak ada tempat bagi pengedar narkoba kalau semua ikut ramai-ramai memburu pengedar seperti telah dipraktekkan di satu desa  di Leuksemawe, Aceh, dengan kearifan lokal.

Leave a Reply