Suban (Jambi) Terancam Kering

0
128

bastantakeringBASTANTA P. SEMBIRING. SUBAN (JAMBI). Selain dampak kabut asap, daerah Simpang Rambutan/ Suban (Kecamatan Batang Asam, Jambi) juga sedang menghadapi ancaman krisis air bersih dan kekeringan. Sudah lebih sebulan ini tidak turun hujan sama sekali dan daerah ini belum memiliki instalasi untuk memasok ketersediaan air bersih di saat musim kemarau.

Warga mengaku, air yang sekarang tersedia di sumur-sumur (perigi) mereka sudah menipis, keruh, dan berbau lumpur. Bahkan, ada yang sudah benar-benar mengering, sehingga untuk aktifitas MCK mereka melakukannya di sungai.

Debit air di saluran air (sungai dan parit/anak sungai) pun semakin menipis. Kolam-kolam penampungan air di kebun-kebun warga sudah mengering.

“Sebelumnya kolam ini diperuntukkan bagi aktifitas berkebun dan tidak pernah kering walau kemarau. Tapi, kali ini, lihatlah sudah kering,” kata Sembiring, saat ditemui Sora Sirulo di kebun miliknya di Simpang Rambutan.

Jika kondisi ini terus berlanjut, dapat dipastikan daerah ini akan terancam krisis air bersih dan kekeringan. Untuk itu, sangat dibutuhkan uluran tangan pemerintah untuk segera mencarikan solusi akan permasalahan ini, setidaknya untuk menjamin ketersediaan air bersi bagi komsumsi warga.

Leave a Reply