Festival Kopi Rakyat Segera Digelar di Berastagi

0
135

alexander firdaustaktk 3ALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Asosiasi Kopi Taneh Karo (AKTK) akan menggelar Festival Kopi Rakyat pada 3-4 Oktober 2015 mendatang di Taman Mejuah-juah, Berastagi. Dalam rangka pagelaran Festival Kopi Rakyat, AKTK telah menggelar konferensi pers di Omerta Koffie Jl.Wahid Hasyim No. 9 Medan [Senin 14/9: Siang]. Melalui konferensi pers yang dihadiri oleh puluhan wartawan di Medan ini, para pengurus AKTK menyampaikan berbagai hal tentang tujuan penyelenggaraan acara.

Sekretaris AKTK Benson Kaban menuturkan, selain untuk ikut merayakan Hari Kopi Internasional, festival ini mempromosikan biji kopi asal Karo agar kembali menjadi salah satu andalan kopi di Indonesia.

“Selama ini, Karo merupakan salah satu penghasil biji kopi Arabika terbaik. Namun, pengetahuan para petani pasca panen cenderung minim, sehingga seringkali dibeli dengan harga lebih rendah dari varian Arabika lainnya,” ujar Benson.

Benson juga merinci tentang luas lahan tanaman kopi di Kabupaten Karo yang mencapai 6.218 hektare. Per hektare, diperkirakan, dapat ditanam 1.000 batang tanaman kopi.

“Kami ingin, sebagai asosiasi petani kopi, bisa kembali membangkitkan semangat budidaya para petani. Kami akan berbagi dengan petani lain di Karo mulai dari pembibitan, budi daya, hingga pengolahan pascapanen,” terangnya.

aktk 5
Kopi Karo dan pisang goreng. Foto: DARUL KAMAL LINGGA GAYO.

Benson merinci, melalui Festival Kopi Rakyat nantinya, AKTK akan meluncurkan Kartu Tanda Anggota, buku simpan pinjam dan asuransi bagi petani. Selain itu, AKTK juga telah menyiapkan nomor layanan sistem akses harga kopi terbaru.

“Ini festival dari petani untuk petani. Kami akan bersama-sama mempromosikan dan menikmati hasil kopi dari Karo. Kami memperkirakan festival ini akan dihadiri 5.000 petani. Setiap anggota akan menyumbangkan 1 kg biji tanduk yang akan diolah menjadi roast bean dan bubuk yang siap disajikan saat festival,” tambah Benson.

Berbagai kegiatan lainnya yang turut digelar pada festival ini diantarnya adalah pameran usaha kopi, pameran produk kopi kemasan, pemilihan Putri Kopi Taneh Karo, pertandingan catur Karo, dan hiburan lainnya.

Leave a Reply