Kolom M.U. Ginting: MASA DEPAN GOLKAR

0
134

M.U. Ginting 2beringin 1Kalau ada diantar 3 kelompok di Golkar yang masih bertahan, yang punya kemungkinan pertama untuk bertahan ialah kelompok Agung. Kelompok Agung memiliki pemikiran baru menentang pemikiran lama dari Bakri.

Ke dua ialah kelompok Bakri sendiri karena punya dukungan ekonomi kuat yang Agung tak punya. Ke tiga ialah kelompok Yorrys yang terkenal di era Orba dan dengan pemikiran Orba. Tapi, kelompok ini tak punya dukungan ekonomi kuat, akan sulit maju.

Fakta-fakta ini yang masih bisa mendukung atau melenyapkan gerup-gerup Golkar ini. 

Golkar masih belum bisa hilang sepenuhnya karena masih banyak yang ingin memanfaatkan Golkar seperti selama ini sudah terjadi, selama Orba dan selama Reformasi. Nostalgi ini masih besar di kalangana banyak orang yang pada umumnya materialistis. Manusia materilaistis masih ada tempatnya di negeri ini. Mereka takut kepada KETERBUKAAN, tetapi keterbukaan baru akan menanjak terus secara berangsur. Walaupun sudah menjadi trend utama akhir-akhir ini, tetapi belum cukup untuk sepenuhnya menghilangkan KEGELAPAN.

Karena itu, partai-partai yang secara gelap-gelap masih mempertahankan yang lama, tidak pakai keterbukaan dan transparansi sementara masih ada tempatnya. 

Leave a Reply