Kegempaan Sinabung Menurun, Tapi ….

0
170

foto ngguntursinabung 26NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas kegempaan pada Gunungapi Sinabung pada siang tadi [Rabu 16/9] mulai mengalami penurunan. Meskipun penurunannya tidak banyak, tapi aktifitas Sinabung cenderung tenang.

Demikian dikatakan oleh petugas Posko Pengamatan Sinabung kepada Sinabung siang tadi.

Meski terjadi penurunan, diperkirakan Sinabung masih berpotensi untuk erupsi kapan saja sekonyong-konyong.

Sebagaimana telah diberitakan, Gunungapi Sinabung mengalami erupsi kemarin pagi [Selasa 15/9]. Siang menjelang sore hari ini [Rabu 16/9] mulai menujukan adanya penurunan aktifitas kegempaan tremor dan hybrid pada evaluasi setiap 6 jam yang dilakukan oleh petugas Posko Pengamatan Gunungapi Sinabung.

Pihak Posko mencatat adanya penurunan kegempaan yang saat ini hanya mencapai 9 kali pada gempa guguran 3 kali pada gempa vulkanik dalam 18 kali vulkanik dangkal serta 1 kali gempa tremor dan gempa tektonik jauh. Namun begitu, masih teramati adanya gempa tremor yang terus menerus pada Rabu siang tadi.

PVMBG mengamati aktifitas Sinabung yang cenderung lumayan tenang, namun hal ini bukan berarti Sinabung tidak bisa erupsi. Potennsi erupsi masih bisa terjadi kapan saja mengingat kondisi gunung api yang berstatus Awas ini dapat turun seketika namun bisa naik aktifitasnya dalam waktu yang cukup cepat.

PVMBG terus menghimbau agar warga tetap waspada mengingat kondisi Sinabung masih labil dan bisa kapan saja mengalami erupsi dalam waktu yang tidak bisa dipastikan.

Leave a Reply