Satpam BRI Lumpuhkan Polisi-Perampok

0
293

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BarusatpamIMANUEL SITEPU. DELITUA. Niat untuk merampok dan sempat menembak seorang nasabah, seorang anggota polisi di Biruen Aceh, Briptu Dian Chaidir (27)  berhasil dilumpuhkan oleh Satpam. Peristiwa perampokan tersebut terjadi di dalam Bank BRI Cabang Kedai Durian (Kecamatan Delitua) [Selasa 15/9: sekira 15.15 wib].


Sumber Sora Sirulo di lapangan menyebutkan, kejadian tersebut berawal ketika Briptu Dian bersama temanya (buron) mendatangi Bank BRI Kedai Durian dengan mengendarai kereta Yamaha Scorpio. Begitu tiba di depan bank, Briptu Dian langsung turun dan lalu masuk ke dalam Bank sambil membawa rangsel besar serta menenteng senjata laras panjang jenis SS1. Sementara itu, temannya tetap memilih stand by di atas kereta.

Melihat gelagat mencurigakan, Satpam bernama Imanuel Saragih menghampiri Briptu Dian dan mempertanyakan tujuannya datang ke Bank BRI. Mirisnya, Briptu Dian bukanya menjawab pertanyaan Imanuel Saragi. Dia mengeluarkan KTAnya seraya mengatakan dia adalah anggota kepolisian. Karena pertanyaannya tak kunjung dijawab, Imanuel Saragih terus mempertanyakan tujuan Briptu Dian datang ke dalam bank.


[one_fourth]tarik menarik senjata[/one_fourth]

Panik karena terus dicecer pertanyaan, Briptu Dian menarik pelatuk senjata laras panjangnya, lalu mengarahkannya ke Imanuel Saragih. Melihat itu, dengan sigap, Imanuel Saragih merebut senjata laras panjang yang dipegang anggota Polisi lulusan Tahun 2008 tersebut. Antara Imanuel Saragih dan Briptu Dian terjadi tarik menarik senjata. Saat itulah, tiba-tiba senjata yang dipegang Briptu Dian meletus dan mengenai bahu sebelah kanan seorang nasabah bernama Darwinsyah Berutu (50) warga Jl. Purwo, Gg. Sahabat (Kecamatan Delitua).

Saat itu, Darwinsyah Berutu hendak menarik uang tunai kiriman dari salah satu anaknya yang bekerja di Arab Saudi.

satpam 2

Darwinsyah langsung tersungkur bersimbah darah. Meski melihat Darwinsyah telah roboh, Imanuel Saragih tetap berupaya merebut senjata laras panjang dari tangan Briptu Dian. Tak lama pergumulan antara keduanya berlangsung, Imanuel Saragih berhasil melumpuhkan Briptu Dian. Sementara, warga sekitar yang mendengar bunyi letusan, langsung mengerumuni Bank BRI. Tak ayal lagi, Briptu Dian langsung diamuk massa hingga mandi darah. Melihat Briptu Dian telah tertangkap, rekannya yang semula tetap bertahan di atas kereta, langsung melarikan diri meninggalkan lokasi.

Tak lama berselang, anggota Polsek Delitua yang mendapat informasi ada perampokan di Bank BRI Kedai Durian meluncur ke TKP. Selanjutnya, Briptu Dian digelandang ke Polsek Delitua berikut barang bukti sebuah senjata laras panjang.

“Tadi Satpam itu sempat berkelahi dengan perampok itu. Kalau dilihat dari postur tubuhnya, perampok itu lebih kecil. Makanya Satpam berhasil memitingnya. Tapi, berani juga lah Satpam itu. Dia berani melawan meski lawannya pakai senjata,” bilang salah satu saksi mata.

Hal tersebut juga dibenarkan Aldi (35) saksi mata lainya. Menurut pria berperawakan kurus ini, ia masih sempat melihat keduanya berkelahi di dalam Bank hingga sampai diteras.

“Lama juga mereka terlibat saling pukul untuk merebutkan senjata. Untung saja Stpam itu berhasil melumpuhkannya,” terangnya.

Imanuel Saragih ketika diwawancarai juga mengatakan hal yang sama.

“Aku tadi tanya dia bagus-bagus. Tapi ia langsung kokang senjatanya. Ya, kutangkaplah,” kata Immanuel.

Sementara, Kapolsek Delitua melalui Kanit Reskrim Iptu Jonathan SH ketika dikomfirmasi membenarkan kejadian.

“Motifnya masih kita dalami. Seorang rekan tersangka masih kita kejar,” katanya singkat.

Leave a Reply