Sinabung Menyuburkan Kampung Karo di Simalungun

0
151
imelda
Kebun Bp. Imelda Ginting yang ditanami cabai (kiri) dan tomat (kanan)

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. NAGASARIBU. Pada kunjungan ke Desa Seribujandi (Kecamatan Nagasaribu, Kabupaten Simalungun) kemarin [Jumat 18/9], Sora Sirulo bertemu Bp. Imelda Ginting. Dia seorang warga desa ini yang mengingatkan bagaimana letusan Gunung Sinabung pertama kali tahun 2010.

“Debu vulkanik Gunung Sinabung menutupi lahan pertanian kami di daerah. Sejak itulah tanaman tomat dan cabe bisa tumbuh bagus di sini. Pertumbuhan tanaman jeruk di daerah ini juga lebih bagus sejak meletusbnya Sinabung dan debunya menutupi lahan pertanian kami di daerah ini,” kata Bp. Imelda Ginting mengingatkan dampak positip debu vulkanik.

Kisah Bp. Imelda Ginting juga mengingatkan harapan baik di masa-masa mendatang meski saat ini erupsi Gunung Sinabung menyebabkan penderitaan mendalam bagi warga kaki gunung itu, khususnya yang sedang mengungsi saat ini.

Meskipun dia belum pernah mendengar adanya penelitian yang menyatakan debu vulkanik Sinabung bagus untuk tanaman, bapak yang satu ini memiliki keyakinan pasti ada pengaruh yang baik berdasarkan pengalaman pribadinya. Saat ini juga Pak Ginting ini masih sangat getol bertani tomat dan cabe di lahannya sementara di daerah ini secara umum sudah total mengandalkan pertanian jeruk sebagai tanaman utama.

Leave a Reply