Kolom M.U. Ginting: Dari Daerah ke Nasional

0
127
desa
Seorang petani cabe di sebuah desa di Dataran Tinggi Karo.

M.U. Ginting 2Diantara 4 Menko Indonesia ini, kelihatannya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini semakin menunjukkan arti dan manfaatnya secara konkret. Di sini, dalam segi pembangunan desa, artinya sejalan dengan KEARIFAN LOKAL.

Dari desa ke kota, dari daerah ke nasional dan ke internasional. Arah yang sudah benar sesuai dengan tuntutan perubahan dunia. Arah lama dari internasional ke nasional dimana desa/ daerah tak digubris sama sekali. Arah seperti ini tak bisa lagi diteruskan. Arah lama itu telah membikin banyak utang negara ini karena disesuaikan dengan kehendak rentenir internasional.  

Sekarang, kita mulai dari desa tanpa utang, Jangan seperti dulu, dimulai dari internasional artinya dimulai dengan utang karena ulah rentenir internasional itu.

Menko Puan berangsur bisa melihat semakin nyata arah atau perubahan arah perkembangan dunia. Saya tak menyangka perubahan signifikan dalam mental Menko Puan. Semakin mendalam dan meluas pemahaman pembangunan kemanusiaan dari desa, dimulai dari sesa/ daerah prinsip dasar arah perkembangan dunia itu berlaku bagi negeri berkembang seperti Indonesia.

desa
Seorang petani kopi di sebuah desa di Dataran Tinggi Karo.

Saya tak pernah dengar kalau Menko Puan ngomong soal KEARIFAN LOKAL. Mungkin juga dia belum mengerti karena dia bukan orang lokal apalagi orang desa. Bagaimana orang Karo memahami kearifan lokal pastilah sangat berlainan dengan pemahaman Menko PMK dan juga 3 menteri lainnya (Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa). Mereka semuanya bukan orang desa tetapi orang kota. Semua ini mau diubah mentalnya (revolusi mental), untuk desa dan demi desa.

Bagaimana dengan orang desanya sendiri? Mereka mau dibangun atau diubah mentalnya?

Masih serba kusut semua. Tetapi, dengan pedoman ’Ayo Kerja’ dan KETERBUKAAN terutama dalam penanganan uang, kita yakin Kemenko satu ini berangsur-angsur akan mendapatkan fungsinya yang bermanfaat bagi KEARIFAN LOKAL dan menciptakan bukti nyata arah perubahan dan perkembangan dunia dari daerah ke nasional dan dari nasional ke internsional.

 

Leave a Reply