Suasana Pilkada Karo Saat Ini

0
194

Evaluasi Hasil Analisis Medsos dan Informasi Lapangan

Oleh: Paulus Jepe Ginting

 

Paulus Jepe Gintingpilkada 8Sampai akhir bulan Agustus maka dinamika politik Pilkada Karo masih terpolarisasi pada dua kekuatan paslon, yaitu kemampuan individu dalam membangun perubahan Karo yang direpresentasi oleh Heben Heser Ginting, Ramon Bangun, dan Cuaca Bangun. Sedangkan basis kekuatan popularitas direpresentasikan oleh Bangkit Sitepu dan Sudarto Sitepu. Ini juga bentuk polarisasi berpendidikan tinggi dan tidak berpendidikan tinggi.

Tapi kini, sampai medio September, polarisasi itu makin samar-samar dan hampir kehilangan garis pemisah. Disinyalir ada dua faktor menembus dan mencairkan polarisasi itu.

Money politic mulai bergerak secara tertutup dan setengah terbuka. Bergeraknya kekuatan baru dari paslon incumbent Terkelin Brahmana.

Pergeseran-pergeseran kekuatan yang sangat dinamis ini memberi indikasi bahwa ada paslon secara konsisten bergerak dalam irama yang sama. Ada paslon yang bergerak dengan irama semakin cepat. Namun, ada juga paslon yang pergerakannya stagnan. Hal ini tampak dalam analisis teman kontak di lapangan bahwa per hari ini nama Terkelin Brahmana muncul mensejajarkan diri dengan Bangkit Sitepu, Ramon Bangun, dan Sudarto Sitepu. Terkelin Brahmana telah menggeser posisi Heben Heser Ginting dan Cuaca Bangun.

pilkada 9

Tampaknya 2 nama besar ini di awal, dalam proses berikutnya telah kehilangan daya sentuh ke masyarakat. Sehingga yang tadinya simpati kini berubah haluan ke paslon lain. Sungguh disayangkan memang, paslon ini kurang berkemampuan memelihara simpati masyarakat untuk mendukungnya. Karena itu, analisis berkesimpulan sementara, bahwa hanya 4 nama yang sangat diperhitungkan dalam persaingan bila Pemilukada dilakukan saat ini. Mereka itu adalah Ramon Bangun, Bangkit Sitepu, Sudarto Sitepu, Terkelin Brahmana.

Untungnya Pemilukada dilakukan 9 Desember mendatang, jadi semua kekuatan masih dapat bergeser. Selamat berjuang.

Leave a Reply