Hari Anti Narkoba Diperingati Meriah di Kabanjahe

1
181

Bernard Pangaribuan 3B. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Dalam memperingati Hari Anti Narkoba Internasional, BNNK Karo melaksanakan kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya di Halaman Kantor DPRD Kabupaten Karo yang juga merupakan halaman Kantor Camat Kabanjahe [Kamis 17/9]. Acara ini dihadiri berkisar 450 orang dan turut hadir FORKOPIMDA Kabupaten Karo, para Calon Bupati dan Wakil Bupati Karo, Satgas Anti Narkoba, Lingkungan Pelajar hingga mahasiswa, lingkungan pekerja swasta dan pemerintah, lingkungan masyarakat serta Komunitas Anti Narkoba dari Suka Singgedang (Kecamatan Tigapanah).

Pada acara ini dilaksanakan pemasangan rompi  dan penyerahan Sertifikat Satgas Anti Narkoba kepada Satgas Anti Narkoba dan Komunitas Anti Narkoba yang langsung diserahkan oleh Bupati Karo, FORKOPIMDA Kabupaten Karo dan Kepala BNNP Sumatera Utara Brigjen Pol. drs. Andi Loedianto yang diwakili oleh Kombes Pol. drs. Bambang Setiawan berhubung karena Kepala BNNP Sumatera Utara menghadiri rapat di BNN RI Jakarta.

Kedatangan Kepala BNNP Sumatera Utara Brigjen Pol. drs. Andi Loedianto yang diwakili oleh Kombes Pol. drs. Bambang Setiawan yang didampingi oleh Kepala BNNK Karo dijamu oleh Bupati Karo beserta FORKOPIMDA Kabupaten Karo di Rumah Dinas Bupati Karo.

Penyerahan Cendramata Uis Beka Buluh dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Karo Nora Else br Surbakti. Selanjutnya rombongan jalan bersama menuju tempat acara yang disambut oleh penari dari Sanggar Seni Karo Persada dengan lagu Mejuah-juah.

Pengalungan bunga dilakukan di depan gerbang masuk tempat acara oleh penari Sanggar Seni  Karo Persada, Kepala BNNP Sumatera Utara beserta FORKOPIMDA Kabupaten Karo yang juga didampingi Kepala BNNK Karo drs. Adlin Mukhtar Tambunan, Kepala BNNK Tanjung Balai AKBP Syahrudin Bangko, MBA., Kepala BNNK Serdang Bedagai LM Sihombing, SH. MH., Kepala BNNK Siantar Ahmad Yani Damanik, Kepala BNNK Langkat AKBP Suyoso, SH., Kepala BNNK Deli Serdang AKBP Joko Susilo, Kepala BNNK Binjai AKBP Ahmad Zaini, Kepala BNNK Asahan Drs. Tuangkus Harianja, masing-masing beserta personilnya tiba di tempat upacara dilanjutkan dengan menari bersama seluruh undangan dengan iringan lagu Piso Surit.

Bupati Karo Terkelin Brahmana nantinya membacakan Pidato Kepala BNN RI. Seluruh hadirin dan begitu juga FORKOPIMDA serta Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Karo mendukung P4GN di Kabupaten Karo.

1 COMMENT

  1. Acara ini dimeriahkan ada positifnya dalam rangka meyakinkan publik bahwa darurat narkoba sudah harus ditangani dengan cara ‘darurat’ pula, tak bisa lagi dengan cara biasa. Bagaimana cara ‘darurat’ ini tiap daerah harus menciptakan sendiri sesuai dengan adat tradisi dan way of thinking penduduk tiap daerah. Artinya penduduk dilibatkan dalam persoalan besar masyarakat, dan narkoba adalah salah satu yang aktual. Sudah banyak anak-anak muda atau generasi muda yang dirusak oleh narkoba.

    Kearifan Lokal adalah satu jalan yang paling mantap dalam soal besar ini. Penduduk berorganisasi ditiap kesatuan kecil daerah, kelurahan, lorong atau sejenisnya dimana semua berpartisipasi melihat ‘gelagat’ peredaran dan pemakaian narkoba ditempat tinggal mereka. Mereka pasti tahu siapa dan mengapa, dan dari situlah kearifan lokal di manfaatkan. Hanya dengan menggiatkan partisipasi masyarakat soal narkoba ini bisa ditangani. Petugas pusat atau petinngi daerah tanpa mengikutkan dan menggiatkan dan mengorganisasi keterlibatan publik/penduduk setempat tak akan efektif kalau tanpa keterlibatan dan tanpa kreasi tak terbatas rakyat banyak.

    MUG

Leave a Reply